Sudah seminggu ini sehat dengan reiki mengisi postingan blog ini dengan berita mancanegara dan file reiki juga seputar meditasi. Sambil bekerja, menulis artikel dan mengupdate berita mancanegara yang dilakukan   dengan duduk di depan komputer, tentu saja badan sedikit ngilu. Lantas untuk mengatasi gangguan ini apa kiatnya?

“Kesibukan kerja boleh saja tapi jangan lupa olahraga ya?” itu nasehat teman sekantor yang sore ini sedang olahraga lari mengelilingi Stadion Gelora Bung Karno Senayan. Betul kata sahabat saya itu. Tapi kali ini karena saya bekerja lebih banyak duduk dalam ruangan, maka olahraga yang saya jalani adalah meditasi gerak pribadi saja sehabis bekerja. Nah apa pula meditasi gerak pribadi ini? Kalau sahabat ingin tahu inilah jawabannya.

Meditasi gerak pribadi layaknya meditasi klasik bertumpu pada gerakan badan berikut kedua lengan kaki dan tangan yang bergerak mengikuti energi yang dominan kita miliki saat ini. Kalau meditasi klasik posisi badan duduk bersila di lantai atau duduk di kursi tanpa punggung menyandar, maka meditasi gerak pribadi adalah meditasi gerak yang bertujuan mengeksplorasi energi. Meditasi Gerak Pribadi hanya diajarkan di Aliran Inti Reiki. Dalam Inti Reiki selain belajar penyembuhan pribadi dan orang lain, juga diajarkan untuk memahami diri sendiri sebagai pribadi.

Adanya falsafah kekuatan kehendak bebas yang bertujuan mencapai kesempurnaan hidup bagi setiap insan manusia maka tepatlah istilah “kenalilah dirimu sebelum engkau kenal Tuhanmu”. Ini adalah falsafah yang dipakai dalam proses pembelajaran Inti Reiki. Semua manusia harus kenal diri sendiri lebih dulu. Untuk mengenal diri sendiri langkah awal bagi seorang praktisi Inti Reiki harus mengetahui Gerak Pribadi. Gerak Pribadi akan menampilkan gerakan-gerakan otomatis yang awalnya muncul sebagai rasa.

Biasanya sehat bersama inti reiki tidak mengetahui gerakan apa yang muncul saat meditasi gerak pribadi. Setelah berulang kali berlatih dan membiasakan diri mengenal gerak pribadi maka akan ada gerakan dominan dari dorongan energi yang muncul mengikuti gerakan tangan dan kaki. Dari sinilah sehat dengan inti reiki mulai melakukan eksplorasi energi melalui gerakan lengan dan kaki.

Setiap kali berlatih maka pola gerakan dari awal berubah-ubah. Namun seiring berjalannya waktu maka pola gerakan tetap sama. Gerakan sama inilah yang menandakan bahwa itulah gerakan dominan diri saya saat ini. Dengan kata lain itulah energi pribadi yang menyertai saya saat meditasi gerak pribadi.

Boleh dikatakan bahwa meditasi gerak pribadi layaknya kita melakukan gerakan silat, senam atau olahraga bela diri lainnya. Bagaimana melakukan meditasi gerak pribadi itu? Baik saya jawab saat berlatih meditasi gerak pribadi posisi badan berdiri tegak lurus dengan kedua kaki agak renggang sedikit. Pandangan mata lurus kedepan lalu mata ditutup. Arahkan kedua tangan kedepan lurus setinggi dada kedua telapak tangan saling bertemu. Kondisi tetap rilek, senyum dan pasrah sambil mengucap affirmasi, “Ya…Tuhan, aku mohon diberikan gerak pribadi dan tenaga saya saat ini” . Dalam pasrah kita rasakan ada dorongan kuat sebagai langkah awal energi bergerak mengikuti gerakan kedua kaki dan tangan. Terus kita ikuti keinginan yang muncul tadi dan jangan ditahan biarkan terus bergerak.

Dalam gerakan yang lamban misalnya ingin dipercepat maka ucapkan affirmasi agar gerak energi dipercepat 3 kali lipat. Tidak usah terkejut kalau gerakan badan dan kaki tiba-tiba bergerak cepat. Tetap ikuti gerakan ini dan bila ingin berhenti cukup ucapkan affirmasi “gerakan berhenti”.

Setiap affirmasi diucapkan tetapi gerak pribadi tetap sama itu menandakan bahwa gerak pribadi tidak dipengaruhi umur. Hanya saja ketika mengucapkan gerak pribadi di saat umur 20 tahun, maka energi gerak pribadi akan semakin kuat. Dengan kata lain semakin muda usia kita semakin kuat dan bertenaga energi yang keluar. Lantas pertanyaan yang menjadi teka-teki kita semua adalah saat affirmasi diucapkan… mohon diperlihatkan gerak pribadi kita di usia 1 tahun?

Jadi meditasi gerak pribadi bisa menggantikan gerakan jenis olahraga tertentu. Misalnya Anda ingin diperlihatkan gerak pribadi jurus silat Tai Chi atau Taekwondo. Padahal Anda belum pernah belajar ilmu bela diri silat Tai Chi atau Taekwondo, maka gerak pribadi yang keluar saat melatih meditasi gerak pribadi melalui gerakan badan Anda,  adalah jurus ilmu bela diri Taekwondo atau silat Tai Chi.

Sebaliknya bila Anda seorang ibu rumah tangga yang lemah gemulai ingin diperlihatkan gerak pribadi tari serimpi maka gerakan tari serimpi lah yang akan keluar lewat gerakan tubuh Anda sekalipun belum pernah belajar tari serimpi. Atau Anda praktisi Inti Reiki ingin diperlihatkan energi dan gerak pribadi goyang ngebornya Inul? Semua bisa dipraktekkan dalam gerak pribadi sesuai dengan keinginan masing-masing praktisi Inti Reiki.

Itulah salah satu meditasi gerak pribadi yang sehat dengan inti reiki praktekkan untuk mengendorkan ketegangan otot di saat banyak duduk dalam aktifitas kerja. Meditasi gerak pribadi ini saya rancang untuk mencegah osteoporosis. Jadi dalam belajar Inti Reiki Anda akan mempraktekkan bagaimana menyembuhan kasus penyakit serta penyembuhan ke orang lain layaknya reiki tradisi lain yang ada di Indonesia lewat gerak energi pribadi.

Hanya saja di Inti Reiki kita bisa merancang affirmasi yang bertujuan agar pola getaran energi yang keluar dari kedua telapak tangan kita adalah gerak dan energi penyakit tertentu ( misal gerak energi penyembuhan sakit asam urat, darah tinggi, penyembuhan sakit kepala dll ). Kuncinya ada di affirmasi yang diucapkan dengan santai, rileks dan pasrah.

Bagi rekan-rekan pengunjung blog lama saya yang sudah mendapatkan attunement energi non reiki, bisa mempraktekkanya setelah melakukan self attunement mandiri lebih dulu dari gerak energi penyembuh yang dipilihnya. Setelah Anda melakukan SAM tinggal menyalurkannya kepada objek yang ingin diterapi. Selamat berlatih….salam sehat.

About these ads