Beranda

AFIRMASI.

Saat seseorang sudah dinyatakan menjadi praktisi reiki langkah terbaik untuk mengetahui hasil attunement reiki adalah segera praktek reiki. Praktek reiki cukup sederhana tekniknya. Anda tinggal meniatkan saja Reiki masuk ke tubuh anda, selanjutnya rileks dan rasakan getaran energi reiki mulai masuk tubuh lewat chakra mahkota ( ubun-ubun ) dan dari chakra kedua telapak tangan anda akan memancar energi reiki yang ditandai sensasi hawa panas,  hangat, dingin, sejuk dan terkadang tidak berasa sama sekali.

Sebelum langkah mengakses reiki dilakukan diperlukan persiapan, yaitu rileksasi tubuh yang cukup sederhana dengan mengatur pernapasan anda agar tidak tegang dan tubuh tetap nyaman untuk nantinya dialiri reiki. Lakukan tarik, tahan dan buang napas berulang-ulang. Anda boleh melakukan tarik-tahan dan buang napas alami, artinya masuk dan keluarnya napas lewat lubang hidung.

Namun ada juga yang melakukan teknik rileksasi lebih spesifik dengan tarik napas lewat lubang hidung, tahan di dada lalu buang napas keluar lewat mulut mendesis dan niatkan seluruh emosi negative dalam diri dibuang keluar seiring keluarnya napas. Lakukan teknik tarik-tahan dan buang napas dalam beberapa kali pengulangan. Bisa 5 – 8 sampai 10 siklus pengulangan sehingga didapatkan rileksasi yang cukup untuk memulai latihan reiki.

Setelah anda benar-benar rileks lakukan pengucapan afirmasi untuk mengakses reiki. Afirmasi berasal dari bahasa Inggris affirmation, yang artinya penegasan. Artinya, pernyataan tentang kebenaran yang hendak diserap dan diwujudkan dalam kehidupan seseorang.

Langkah persiapan rileksasi dengan mengatur pola pernapasan.

Langkah persiapan rileksasi dengan mengatur pernapasan.

Afirmasi adalah pernyataan kuat dan positif bahwa sesuatu telah terjadi apa adanya. Kita menegaskan apa yang hendak kita inginkan dan memikirkan sebelum kejadian sesungguhnya terjadi. Jadi jika kita ingin sembuh dari penyakit lewat penyaluran reiki, maka pikirkan hal positif bahwa reiki mengalir menyembuhkan keluhan penyakit yang diderita orang, apakah diri anda atau orang lain yang ingin anda sembuhkan lewat penyaluran reiki.

Afirmasi digunakan  saat akan menyalurkan reiki. Karena energi mengikuti pikiran praktisinya, maka  kinerja energi reiki diarahkan oleh afirmasi praktisinya ditambah visualisasi. Saat menyalurkan reiki, disarankan tidak memikirkan hal-hal negative dalam diri, misalnya apa benar reiki mampu menyembuhkan penyakit di saat kedua telapak tangan Anda sudah bekerja mengalirkan reiki.

Ucapkan afirmasi dengan pelan, tenang tidak terburu-bur agar pikiran bawah sadar anda merespon hal positif apa yagn Anda ucapkan.

Tetap santai dan ucapkan afirmasi dengan pelan, tenang tidak terburu-buru agar pikiran bawah sadar anda merespon hal positif apa yang Anda ucapkan.

Alihkan pikiran anda ke hal positif bahwa reiki mengalir menyembuhkan keluhan penyakit atas Izin-Nya semata. Karena itu sekali lagi hilangkan pikiran negative berupa kecemasan, ketakutan dan kekhawatiran dalam diri saat reiki sudah masuk ke tubuh. Biarkan reiki mengalir apa adanya dan selama anda tetap rileks, reiki akan mengalir dengan deras dan berhenti sendiri di saat tubuh yang dialiri reiki sudah cukup menerima energi reiki.

Perlu diingat saat mengucapkan afirmasi, kita dalam kondisi rileks dan tetap santai. Ucapkan afirmasi dalam kalimat yang tegas, singkat dan langsung pada pokok persoalan. Karena itu afirmasi reiki dapat dipraktekkan untuk penyembuhan diri sendiri, orang lain baik tatap muka atau jarak jauh.

Pelatihan Inti Reiki atau Reiki tradisi lain pada umumnya menyarankan praktisinya untuk berlatih mengucapkan kalimat afirmasi dengan benar dan jelas maksudnya dalam kondisi rileks. Untuk mencapai hasil optimal ada beberapa prinsip afirmasi antara lain :

( 1 ) Ucapkan afirmasi dalam bentuk masa kini ( present tense ).

( 2 ) Hindari penggunaan kata akan saat mengucapkan afirmasi.

( 3 ) Afirmasi singkat jelas dan menghindarkan pikiran melayang dan tidak fokus.

( 4 ) Ucapkan afirmasi dalam bentuk positif. Hindari pemakaian kata tidak, bukan, jangan dan bentuk kata lain yang bernada negatif.

Afirmasi bersifat unik dan individual dan pasti berhasil pada seseorang yang mempunyai hasrat menggelora  ( desire ) dan harapan yang jelas ( clear ). Afirmasi akan terasa cocok jika kita merasa positif thinking, ekspansif dan didukung visualisasi positif  dalam diri kita. Memang membuat afirmasi terkadang susah-susah gampang dan hanya dengan ketekunan berlatih, salah satu afirmasi yang anda ucapkan boleh jadi akan berhasil.

Sumber : Pelatihan Inti Reiki.

34 Komentar (+add yours?)

  1. rosa
    Mei 03, 2015 @ 04:53:47

    Mbak, boleh kasih beberapa contoh kalimat affirmasi seperti: utk penyembuhan luka batin, melepaskan rasa takut dan bersalah, menguatkan rasa cinta pada seseorang, penyembuhan sakit penyakit, dll….karena tidak semua orang bisa mengerti membuat kalimat affirmasi yang tegas dan singkat. Thanks.

    Balas

    • Arumsekartaji
      Mei 04, 2015 @ 00:15:24

      Anda bisa baca tuntas contoh kalimat afirmasi di buku Rahasia Inti Reiki. Sebenarnya merancang kalimat afirmasi itu mudah, asalkan kita yakin akan tujuan merancang kalimat afirmasi. Di buku itu praktisi non inti reiki pun bisa merancang dan memodifikasi kalimat afirmasi untuk hal sebagaimana anda tanyakan.

      Balas

  2. Njo you ciang / hendrik
    Nov 24, 2014 @ 01:06:29

    Mbak arum salam kenal sebelumnya.saya njo you ciang / hendrik surabaya senang ketemu dgn blog mbak ini:) bolehkah saya belajar reiki sama mbak arum,saya ingin bisa buat diri saya dan keluarga bisa sehat selalu.oya sebelumnya saya pernah belajar reiki sama pak yan nurindra hny saja sudah lama sekali dan tidak saya seriusi jd lupa cara2 nya.sekarang saya mau belajar serius mbak.mhn bantuan nya ya.terimakasih

    Balas

  3. nana
    Sep 27, 2014 @ 04:05:13

    Selamat siang mb, apakah reiki bisa mengurangi kecemasan yg berlebih (anxiety) / panic attack atau bahkan menyembuhkan?? minta saran nya ya mb, bagaimana langkahnya, trimakasih

    Balas

  4. indah
    Sep 10, 2014 @ 04:26:30

    mba saya ingin belajar tentang reiki lebih lanjut. mohon bantuannya yah mba..

    Balas

  5. Djamal Baraja
    Sep 01, 2014 @ 23:20:24

    Salam kenal mbak Arum. nama ada di email. sy ingin sharing msalah 2 Reiki. sy prnah mngikuti brbagai aliran (trmasuk shambala) smpai tingkat Master. Sayangnya sy ogah2an dlm brlatih , disebabkan adanya konflik pemahaman dlm kluarga. Bbrapa hari ini kndisi sy sakit2an, sy akhirnya memutuskan untuk melatih lg .Dsini sy trtarik ingin sharing jg menambah spirit sy . Terima Kasih sbelumnya .Salam dr sy Djamal

    Balas

    • Arumsekartaji
      Sep 02, 2014 @ 08:26:14

      Reiki kalau ingin berdayaguna maksimal harus sering dilatih, baik ke diri sendiri atau ke orang lain. Persoalannya rasa enggan dan malas itu yang lebih sering menyerang kita daripada penyakit itu sendiri. Coba mulai sekarang niatkan untuk mengasah kembali teknik reiki ini agar tak mubazir.

      Balas

  6. elis
    Agu 27, 2014 @ 03:28:04

    mba arum saya mau belajar reiki secara langsung dimana ya

    Balas

  7. Adi Sucipto
    Agu 08, 2014 @ 07:01:54

    gman sih cara ngendalikan otak agar cepat mncapai theta stage ? trima kasih mbak sebulumnya

    Balas

    • Arumsekartaji
      Agu 30, 2014 @ 02:46:12

      Anda harus mengkondisikan rileks, melatih bagaimana rileks tidak kemrungsung dalam keseharian. Rileks dalam persiapan meditasi memang dipersyaratkan agar bisa langsung masuk ke kondisi delta stage, langkah selanjutnya ke theta stage. Rileksasi bisa dilatih lewat teknik pernapasan.

      Balas

  8. Sultan
    Jul 31, 2014 @ 03:37:16

    Saya tertarik ingin belajar reiki. Keren nih ilmunya.

    Balas

    • Arumsekartaji
      Agu 02, 2014 @ 00:18:36

      Biasa saja reiki itu. Jika memang benar serius dipraktekkan dan didalamai dengan baik, Insya Allah kita akan selalu dikarunia kesehatan fisik, mental, emosional dan spiritual dari Sang Maha Pencipta lewat latihan serius tanpa pernah bosan. Juga mampu menyalurkan reikinya untuk diri sendirid dan orang lain, khususnya yang sedang terganggu kesehatan fisik dan mentalnya.

      Balas

  9. agus.perihatno
    Jul 08, 2014 @ 03:05:56

    dengan reiki apakah kita bs mengetahui aura negatif di dlm rumah?gimana caranya .tolng kasih tau y’ ? Tnk

    Balas

    • Arumsekartaji
      Jul 08, 2014 @ 03:11:41

      Secara kasat mata kita bisa mendeteksi adanya aura energi negatif dalam rumah tanpa reiki. Misalnya, rumah kusam, kurang terpelihara, banyak nyamuk, tanaman liar di halaman dan tentu saja kurang perawatan prima, menjadikan rumah mirip kandang bubrah, sumber datangnya penyakit yang gampang menyerang tubuh. Namun, dengan reiki, dengan mengarahkan kedua telapak tangan ke objek rumah, energi negatif bisa kita deteksi keberadaannya. Apakah negatif itu mengganggu atau mau berteman saja?

      Balas

  10. Wahyudi
    Jul 02, 2014 @ 10:49:53

    Mba Arum saya ingin belajar resik,gmn cara nya

    Balas

    • Arumsekartaji
      Jul 04, 2014 @ 02:45:24

      Jawaban sudah saya kirimkan ke alamat email Anda, semoga berkenan. Salam…..

      Balas

  11. ashoka izanagy
    Jun 27, 2014 @ 05:48:58

    asslm.wrwb. salam kenal mba boleh kah sy ikut attunement jarak jauh .gmn caranya

    Balas

    • Arumsekartaji
      Jun 27, 2014 @ 12:43:59

      Waalaikum salam, jawaban lengkap saya kirimkan ke alamat email Anda, semoga berkenan.

      Balas

  12. yulie zurianti
    Mei 19, 2014 @ 03:39:15

    salam kenal mba arum,, mba arum saya ingin langsung bertemu mba arum dan belajar reiki serta afirmasinya, untuk itu bagaimna caranya, karena saya pernah punya pengalaman panic attack dan ingin bisa mengatasi lebih baik lagi.. terima kasih atas balasannya.

    Balas

    • Arumsekartaji
      Mei 19, 2014 @ 09:51:28

      Untuk sementara silahkan layangkan pertanyaan ke alamat email saya saja dulu.

      Balas

    • nana
      Sep 27, 2014 @ 04:14:05

      mb Yuli apakah sdh sembuh dari panic attack? dulu sembuh ny / pengobatan nya gimana mb?

      Balas

  13. agus.perihatno
    Mei 17, 2014 @ 12:05:53

    mba Arum,saya mohon ikut attunement jarak jauh KR1 malam ini boleh dong? Nama,agus perihatno ttl,4-3-1978 alamat jl.gereja adiraja adipala-CILACAP.Tanks

    Balas

    • Arumsekartaji
      Mei 17, 2014 @ 12:27:10

      Sudah saya jelaskan ke email anda, ada syaratnya jika anda ingin saya beri attunment reiki kundalini. Sudah dibaca belum jawaban email saya ?

      Balas

  14. edy santoso
    Mei 17, 2014 @ 03:52:09

    Mba Arum…klo affirmasi waktu setiap perpindahaan posisi tangan saat SH mengatakan “energy kundalini reiki mengalirlah”

    itu bener gk Mba affirmasinya?…

    saya lebih suka memakai afirmasi yg gk terlalu panjang Mba…

    terus affirmasi tuh sama gk mba dengan doa..coz ada beberapa affirmasi yg memang mirip doa…

    Balas

    • Arumsekartaji
      Mei 17, 2014 @ 04:06:49

      Sebaiknya mengucapkan afirmasi sekali saja, disaat awal kegiatan setelah doa. Jadi selama proses SH perpindahan dari satu titik ke titik lain pada tubuh, tidak perlu diulang-ulang mengucapkan afirmasi. Anda tidak senang mengucapkan kalimat afirmasi panjang, juga tak masalah, reiki akan mengalir dengan sendirinya tanpa harus terikat dengan ucapan panjang dan pendeknya lidah si praktisi reiki mengucapkannya. Kalau energi reiki kundalini mengalirlah, untuk awal nya tak apa, karena merupakan penegasan, agar reiki kundalini segera bekerja mengikuti perintah praktisinya mengucapkan afirmasi. Setelah mengucapkan sekali, tak perlu diulang-ulang mengucapkannya saat tangan berpindah letak. Anda suka dengan kalimat afirmasi pendek, monggo kemawon, tak ada pelajaran baku tentang kalimat afirmasi yang harus nurut perintah reiki master yang mengajarkannya. Setelah mahir reiki, tanpa mengucapkan afirmasi pun reiki akan berjalan, cukup dengan niat dalam hati. Mengenai afirmasi saya kira tidak sama dengan doa.

      Balas

      • edy santoso
        Mei 17, 2014 @ 05:31:20

        owh gitu ya Mba..sipp deh…

        mumpung Mba lagi aktif diblogny..ada satu hal lagi Mba saya mau tanya…
        saya pernah baca-baca teori2 reiki dari sumber lain..katanya klo SH itu tidak diperbolehkan melepaskan tangan dari badan secara bersamaan ketika berpindah posisi…harus satu2..misalkan tangan kanan dlu yang pindah ke posisi A baru diikuti oleh tangan ke kiri ke posisi A juga…intinya gk boleh langsunh lepas keduanya…bisa mengakibatkan energi reiki terputus…dan harus diulang dri awal….

        benar gk sih Mba??

        saya baru baca kemaren sih…

        tapi selama saya udh latihan sebulan pernah skit panas tibggi yaitu demam, saya lakukan SH..malam itu juga bdan enak..panas saya turun,, besoknya sembuh total….

        saya ngelakuinnya klo pindah posisi ya pindah semua tangannya…heheh…tapi efeknya ttp ada…hehe

        gmana menurut Mba Arum klo tentang bacaan yg pernah saya baca itu?

        sapa tau dpt pengetahuan tambahan dri Mba Arum..hehe..

        Salam Mba…terimakasih…

      • Arumsekartaji
        Mei 17, 2014 @ 10:04:44

        Kalau anda melepaskan kedua telapak tangan yang sudah menyentuh bagian tubuh tertentu milik anda dan saat itu juga anda peka merasakan mengalirnya energi reiki begitu deras ke bagian yang dipegang kedua telapak tangan anda, tiba-tiba merasa ingin pindah posisi ke bagian tubuh lain, sebaiknya dilakukan satu tangan dulu menyentuh bagian tubuh berikutnya, lalu diikuti telapak tangan lainnya. Jika dilakukan dengan mengangkat kedua telapak tangan bersamaan menjauhi tubuh yang sedang dialiri reiki, reiki tetap memancar keluar lewat chakra kedua telapak tangan anda hanya saja terputus sensasi vibrasinya seakan-akan reiki terputus padahal tidak. Jika terpaksa dilakukan demikian, tidak perlu diulang dari awal, kecuali anda ada waktu luang banyak dan sedang senang mereiki. Sebaiknya, membiasakan diri memindahkan satu telapak tangan ke bagian tubuh lain, setelah menempel dan vibrasi reiki terasa mengalir deras, pindahkan telapak tangan lainnya mengikuti ke bagian yang sama, jangan mengangkat kedua telapak tangan bersamaan, karena vibrasi reiki yang sedang mengalir pada tubuh, akan terasa terputus, begitu kedua telapak tangan keduanya terangkat tidak menempel kulit tubuh.

  15. agus.perihatno
    Mei 16, 2014 @ 16:13:23

    saya sudah bs merasakan vibrasi pd telapak tangan,apakah artinya reiki sudah bisa di askes untuk penyembuhan SH. TANKS

    Balas

    • Arumsekartaji
      Mei 17, 2014 @ 02:08:34

      Kalau memang benar-benar sudah jadi praktisi reiki entah tradisi reiki mana yang pernah anda ikuti, begitulah adanya vibrasi sensasi reiki. Artinya anda sudah bisa menyalurkan reiki ke diri sendiri juga orang lain. Tapi kalau anda belum pernah diberi attunement reiki, atau pernah jadi praktisi ilmu energi lain, misalnya prana, sama saja sudah bisa menggunakannya untuk suatu keperluan penyembuhan. Hanya saja saya tidak pernah memberi attunement tradisi reiki kundalini pada anda.

      Balas

  16. agus.perihatno
    Mei 13, 2014 @ 16:34:23

    numpang tanya nich,apa itu vibrasi DAN. pengaruhnya/gunanya

    Balas

    • Arumsekartaji
      Mei 13, 2014 @ 22:57:48

      Energi Reiki merupakan energi positif dari alam yang lembut dan memiliki vibrasi atau getaran yang kuat saat diakses dan disalurkan ( dimasukkan ke dalam tubuh lewat penempelan kedua telapak tangan ). Energi reiki sangat efektif untuk penyembuhan dan mengobati berbagai macam penyakit. Jika Anda ingin mengubah hidup Anda lebih bermanfaat, sehat, jauh dari gangguan penyakit dari yang ringan hingga berat, mulailah belajar dan praktek olah energi Reiki dalam hidup Anda. Juga Anda harus mau mengiringi praktek reiki dalam keseharian, dengan mengamalkan hidup sehat keseharian ala medis kedokteran, menyangkut pola makan, aktivitas tubuh dan sedapat mungkin pola pikir sehat rileks ( tidak grusa grusu ).

      Balas

  17. Andik Krisdiarmanto
    Sep 16, 2013 @ 05:58:42

    mantab mbak bro

    Balas

  18. msitanggang
    Jul 06, 2013 @ 04:52:24

    kasih contoh dong affirmasi, misalnya saya menyembuhkan sakit perut pada tubuh kita sendiri, biasanya saya menggunakan affirmasi “saya transfer energy reiki ke dalam tubuh saya untuk menyembuhkan sakit perut” mohoh di koreksi affirmasinya

    Balas

    • Arumsekartaji
      Jul 08, 2013 @ 00:34:00

      Anda mengucapkan afimasi seperti rancangan kalimat yang anda pakai juga sudah benar. Efektif tidaknya energi reiki ke sumber penyakit tergantung pada kelihaian praktisi merancang kalimat afirmasi yang setiap praktisi reiki berbeda mengucapkannya. Hanya tujuannya sama, yaitu energi reiki menyembuhkan penyakit atau keluhan pada tubuh pasien.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s