Seekor kucing yang diselamatkan dari pabrik pengolah sampah di Ulyanovsk, sekitar 700 kilometer tenggara Moskwa, Rusia, mendadak jadi selebritas baru di kota itu. Bukan itu saja. Sang kucing bahkan diangkat dan secara tak resmi diberi jabatan deputi menteri lingkungan hidup.

Kok bisa? Ceritanya bermula dari Mikhail Tukash, pekerja di sebuah pabrik pengolah sampah di Ulyanovsk saat melihat sesuatu yang mencurigakan pada kantong plastik warna putih di conveyor belt di pabrik itu, Senin ( 21/12/2020 ). Saat plastik dibuka, nongol seekor kucing jantan berbulu hitam dan putih.

” Saya merasakan ada hal lunak di dalam kantong plastik itu, ” ujar Tukash kepada tabloid Moskovsky Komsomolets. ” Saya buka pelan-pelan kantong plastik itu, dan saya melihat ada mata kucing menatap balik kepada diri saya. ” Kejadian penyelamatan kucing di pabrik pengolah sampah itu pun disiarkan televisi setempat dan viral di media sosial.

Mikhail Tukash di pabrik pemisah sampah Rusia menyelamatkan seekor kucing dari kematian. Rekaman kamera pengintai di sebuah pabrik di Ulyanovsk, sebuah kota sekitar 700 km tenggara Moskow, menunjukkan pekerja Mikhail Tukas mengeluarkan kantong plastik putih dari sabuk konveyor, memotongnya dan memperlihatkan kucing hitam-putih yang ada di dalamnya. Kucing lalu dikeluarkan dari kantong plastik putih.

Sang kucing pun mendadak jadi selebritas lokal. Atas penyelamatannya, Tukash mendapat kehormatan dari pemerintah setempat. Kucing itu lalu diadopsi Kementerian Lingkungan Hidup Ulyanovsk dan secara tak resmi diberi jabatan deputi menteri lingkungan hidup.

Foto dari Kementerian itu memperlihatkan sang kucing tidur nyenyak di kursi kantor Menteri Lingkungan Hidup Gulnara Rakhmatulina. Kementerian itu kini mengadakan sayembara nasional untuk memberi nama pada kucing deputi menteri tersebut.

Reuters / SAM.