Korea Selatan melanjutkan latihan militer gabungan dengan Amerika Serikat Kamis, 03/03/2011 lalu walau Korea Utara mengancam akan menyerang Korea Selatan jika Seoul tetap melakukan tindakan provokasi. Latihan militer tahunan Korea Selatan dan Amerika Serikat dimulai pada tanggal 28 Pebruari dan direncanakan akan berakhir pada akhir April.

Tentara Amerika Serikat melakukan pelatihan di kamp Carrol sebelah selatan Seoul sebagai bagian dari latihan militer gabungan yang diberi sandi Key Resoulve and  Foal Eagle 2011. Menurut komandan pasukan Amerika, Letnan Mayor Karl Ivey, pelatihan bertujuan untuk menguji pergerakan pasukan dan kesiapan tentara dalam menghadapi serangan Korea Utara.

Latihan militer ini menggunakan berbagai jenis kendaraan militer termasuk kendaraan tempur dan pengangkut pasukan. Sementara itu Korea Utara kembali mengecam latihan militer gabungan Korea Selatan dan Amerika Serikat. Stasiun televisi Korea Utara KRT, mengatakan Pyongyang akan melancarkan serangan yang mematikan apabila militer Korea Selatan melanggar kedaulatan teritorial Korea Utara.

Hari Minggu lalu Pyongyang mengancam akan melancarkan perang jika Korea Selatan melakukan tindakan provokasi. Situasi di semenanjung Korea memanas setelah kapal selam militer Korea Utara menenggelamkan kapal angkatan laut Korea Selatan pada bulan Maret tahun lalu. Insiden tersebut menewaskan 46 personil angkatan laut Korea Selatan. Latihan militer gabungan ini merupakan rangkaian latihan militer serupa yang diadakan tahun lalu.

Sumber : Asia/Reuters/South Korea and Nort Korea military drill.