Bukan hanya manusia yang bisa mengikuti kontes kecantikan. Di kota Rohtak, Negara Bagian Haryana, India, sapi selalu dibuatkan kontes kecantikan. Seperti hanya model-model cantik yang lenggang-lenggok di atas panggung, ratusan sapi dan kerbau juga ditarik dan didorong naik dan jalan di atas panggung. Kantor berita AP, Sabtu ( 7/5 ), melaporkan, kontes ini diselenggarakan untuk mempromosikan ternak sapi domestik sekaligus kampanye kesehatan binatang dan ternak.

Setelah ditarik naik panggung oleh para peternak, sapi-sapi yang sudah didandani cantik kemudian dinilai juri. Sapi-sapi itu lalu menunjukkan kepribadian dengan berjalan pelan-pelan yang tampak seperti cara berjalan anggun.Tetapi, ada juga sapi yang susah ditarik pemiliknya dan bahkan tidak mau bergerak.

Acara ini diselenggarakan oleh pemerintah daerah untuk mempromosikan keturunan sapi domestik dan meningkatkan kesadaran tentang hak-hak hewan.

Kontes kecantikan sapi dan lembu diselenggarakan oleh pemerintah daerah Haryana untuk mempromosikan keturunan sapi domestik dan meningkatkan kesadaran tentang hak-hak hewan.

Para juri menyeleksi 18 pemenang dalam berbagai kategori. Para peternak dari 21 distrik di Haryana antusias mengikutkan sapi-sapi mereka dalam kontes. Ratusan sapi mengikuti kontes kecantikan di Rohtak, India, pada Sabtu (7/5/2016).

Para juri menyeleksi 18 pemenang dalam berbagai kategori. Para peternak dari 21 distrik di Haryana antusias mengikutkan sapi-sapi mereka dalam kontes. Ratusan sapi mengikuti kontes kecantikan di Rohtak, India, Sabtu (7/5/2016).

Penilaian dimulai dari ukuran tubuh dan penampilan keseluruhan, panjang tanduk dan kemampuan sapi menghasilkan susu. Juri memilih 18 pemenang yang memenuhi kriteria sebagai ternak yang paling sehat dan berpenampilan terbaik.

Peserta kontes yang diselenggarakan Institut Internasional Pendidikan dan Penelitian Peternakan tahun ini mencapai 630 sapi dan kerbau dari 21 distrik yang ada di Haryana.Hanya ternak lokal yang boleh ikut karena pemerintah tengah kampanye memopulurkan ternak sapi lokal.

AP / LUK / Foto : AP/Times of India.

Iklan