Seekor gajah di India yang tengah mengandung mati setelah memakan buah-buahan berisi petasan. Otoritas Kehutanan India, Rabu ( 3/6/2020 ), mengatakan tengah menginvestigasi kasus itu. Insiden tersebut memantik kemarahan warga India, yang ditumpahkan melalui media sosial.

Halaman Facebook petugas kehutanan India, yang mengunggah kejadian tragis itu, dibanjiri hampir 10.000 komentar dan reaksi. Mohan Krishnan, petugas kehutanan, melalui Facebook pada 30 Mei mengungkapkan, gajah tersebut mati setelah memakan nanas dan buah-buahan lain berisi petasan. Insiden ini terjadi pada 23 Mei lalu di dekat lahan perkebunan di Distrik Palakkad, Negara Bagian Kerala, India selatan.

Orang-orang menarik tubuh gajah mati yang sedang hamil keluar dari air, setelah binatang itu diduga diberi makan nanas yang diisi petasan. Beberapa buah nanas yang mengandung petasan meledak di mulutnya, mendorong penyelidikan kriminal terhadap dugaan kekejaman terhadap hewan. Foto : Malappuram, India, pada 27 Mei 2020 dalam gambar diam yang diambil dari sebuah video.

” Kami tahu bahwa luka ( pada gajah itu ) disebabkan oleh bahan peledak, ” ujar Sunil Kumar, petugas kehutanan lainnya. Insiden tersebut terjadi saat gajah itu berjalan di luar Taman Nasional Silent Valley untuk mencari makanan. ”  Maaf saudaraku, ” tulis Krishnan, yang menemukan gajah itu.

” Mulut dan lidahnya hancur akibat ledakan ledakan itu saat ia mondar-mandir dalam kondisi kelaparan. ” Petugas sedang mencari pelaku tindakan kejam di luar batas nalar tersebut.

Pelakunya akan diancam dakwaan perilaku kejam terhadap hewan dan akan diancam penjara atau denda.

AFP / Reuters / SAM.