Seolah tak ada yang dapat menghalangi pencinta kuliner untuk dapat mencicipi hidangan kegemarannya. Di Lauterbach, sebuah kota di Jerman barat daya, berbatasan dengan Carling, Perancis, para penyuka roti khas Perancis, seperti baguette dan croissant, tidak mau membiarkan virus korona ” memenjara ” mereka. Awalnya, ketika perbatasan kedua negara ditutup untuk menahan laju penyebaran Covid-19, para pencinta kue itu kehilangan akses pada makanan kegemaran mereka.

Namun, situasi itu tidak berlangsung lama. Seorang pembuat roti di Carling, Myriam Jansem-Boualit – demi memastikan pelanggannya dari Jerman tetap dapat menikmati kue khas Perancis – rela bekerja ekstra. Setelah mendapat pesanan melalui telepon, Jansem Boualit akan menemui mereka di perbatasan yang ditutup dengan pagar besi, tak jauh dari toko bakerinya, dan memberikan kue pesanan yang masih hangat.

 

Orang Jerman sangat menyukai kue Baguette Perancis sehingga mereka benar-benar membutuhkan di saat pandemi Covid-19. Seorang pembeli, Hartmut Fey, menerima kue dari Myriam Jansem dengan cara memancingnya di seberang perbatasan. Karena perbatasan tersegel karena pandemi coronavirus, orang Jerman yang tinggal di dekat perbatasan Perancis telah menemukan cara yang agak unik untuk mendapatkan roti baguette, yaitu menggunakan tongkat pancing yang ujungnya ditaruh joran tas warna hijau. ( Foto oleh JEAN-CHRISTOPHE VERHAEGEN / AFP )

Hartmut Fey, seorang warga negara Jerman di Lauterbach, membeli kue baguette buatan Myriam Jansem-Boualit warga Perancis di perbatasan Jerman-Prancis 18 April 2020 dengan menggunakan tongkat pancingnya saat menerima kue. Hal ini dia lakukan untuk menghindari penalti 250 euro di Carling, Perancis timur. ( Foto oleh JEAN-CHRISTOPHE VERHAEGEN / AFP )

Gambar ini diambil pada tanggal 18 April 2020 menunjukkan perbatasan Jerman-Perancis yang tertutup antara Carling di Perancis dan Lauterbach di Jerman, pada hari ke-33 penguncian karena wabah Covid-19 di Perancis yang bertujuan untuk mengekang penyebaran virus corona. ( Foto oleh JEAN-CHRISTOPHE VERHAEGEN / AFP) (Photo by JEAN-CHRISTOPHE VERHAEGEN / AFP )

Dalam foto dari kantor berita AFP, Minggu ( 19/4/2020 ), tampak seorang pelanggan dari Jerman, Hartmut Fey ( 52 ), menggunakan joran dengan tas warna hijau di ujung mata kail ” menjemput ” pesanannya.” Ini ada hubungannya dengan tradisi. Kami telah membeli baguette dan roti di Perancis selama beberapa dekade, ” katanya.

AFP / JOS.