Sisi lain pandemi Covid-19 adalah ruang yang lebih leluasa bagi binatang liar. Di tengah kebijakan pembatasan mobilitas yang diterapkan Pemerintah Yunani, seekor beruang dan tiga anaknya dengan leluasa berjalan-jalan di tepi Danau Kastoria yang biasanya ramai oleh warga. Kantor berita Yunani, ANA mengatakan, mereka terlihat oleh tim jagawana, Rabu ( 8/4/2020 ).

Jalan setapak yang dilalui keempat beruang itu adalah jalan setapak yang amat populer bagi warga Kastoria, kota berpenduduk sekitar 47.000 jiwa. Kota itu terletak di sebuah lembah, dikelilingi pegunungan yang merupakan habitat beruang coklat, salah satu spesies yang dilindungi. Sejak akhir Maret lalu, pada siang hari akses masuk ke pinggiran danau dibatasi, dan pada malam hari ditutup.

Seekor beruang dan ketiga anaknya mengambil keuntungan dari penguncian coronavirus di Yunani dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai Danau Kastoria yang biasanya sibuk di barat laut negara itu. Foto : AFP

Menurut aparat setempat, Nikos Panayotopoulos, kombinasi antara pembatasan dan dorongan mencari makan ” menuntun ” keluarga beruang masuk ke pinggiran kota. Panayotopoulos mengatakan, induk beruang itu dikenal luas oleh pihak berwenang karena ia tinggal di gunung di sekitar kota tersebut.

Aparat meminta warga tidak membuang sampah supaya tidak menarik beruang itu masuk kota.

AFP / JOS.