Pallas menjadi asteroid terbesar ketiga di area Sabuk Asteroid setelah asteroid Ceres dan Vesta. Citra terbaru menunjukkan, asteroid ini penuh kawah raksasa. Diameter Pallas 512 kilometer dan massanya 7 persen dari total massa semua benda di Sabuk Asteroid, area antara orbit Mars dan Jupiter.

Citra Pallas terbaru yang diambil dengan instrumen Spectro-Polarimetric High-contrast Exoplanet Research di teleskop Very Large milik Observatoriom Selatan Eropa di Chile menunjukkan, Pallas penuh kawah diameter 30-120 kilometer.

Sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan di Nature Astronomy mengungkapkan gambar asteroid yang disebut Pallas yang ternyata, tampak seperti bola golf raksasa. Kemunculannya disebabkan oleh sejumlah besar kawah di permukaan asteroid, yang sangat penuh tanda sehingga terlihat seperti rusak secara agresif. Asteroid itu, yang dinamai menurut dewa kebijaksanaan Yunani, ditemukan pada awal 1800-an.

” Pallas ialah obyek di Sabuk Asteroid yang punya kawah terbanyak, ” kata astronom dari Institut Teknologi Massachusetts, Massachusetts, Amerika Serikat, Selasa ( 11/2/2020 ).

Sumber : Kilas Iptek / Livescience / MZW.