Aroma pasangan memperbaiki mutu tidur. Demikian studi baru dari University of British Columbia ( UBC ). Partisipan yang terpapar aroma pasangan mengalami perbaikan mutu tidur meski pasangan mereka tak hadir.

” Ini bukti tidur dengan aroma pasangan meningkatkan efisiensi tidur. Partisipan mengalami perbaikan efisiensi tidur lebih dari 2 persen, ” kata Marlise Hofer, pemimpin studi dan mahasiswa pascasarjana di Departemen Psikologi UBC, Kamis ( 13/2/2020 ). Peneliti menganalisis data tidur 155 partisipan yang diberi dua kaus tampak sama sebagai sarung bantal.

Para peneliti dari University of British Columbia menemukan jawaban bahwa peserta studi yang terpapar aroma pasangan mereka semalam mengalami kualitas tidur yang lebih baik, meskipun pasangan mereka tidak hadir secara fisik. kata ketua peneliti, Marlise Hofer. Hofer mengatakan penelitian ini dapat membuka jalan bagi pekerjaan di masa depan untuk memeriksa kemanjuran metode sederhana dan efektif untuk meningkatkan kualitas tidur, seperti membawa baju pasangan pada saat Anda bepergian sendirian.

Satu kaus sebelumnya dipakai pasangan dan kaus lain dipakai orang asing atau bersih. Untuk menangkap aroma pada kaus, pasangan diberi kaus bersih untuk dipakai 24 jam tanpa pengharum badan, merokok, berolahraga, dan konsumsi makanan yang memengaruhi aroma badan.

Data jam tangan tidur menunjukkan, mutu tidur naik saat peserta terpapar aroma pasangan.

Sumber : Kilas Iptek / Science Daily / EVY.