Hati-hati bertransaksi secara daring. Jika tidak, bisa-bisa malah tertipu seperti dialami Li, warga Qingdao, Shandong, China. Seperti diberitakan Globaltimes.cn, Minggu ( 25/8/2019 ), Li yang berburu barang murah menemukan penawaran jam tangan pintar Apple seharga 2.200 yuan ( sekitar Rp 4,4 juta ) di Xianyu, pasar daring untuk barang bekas yang dikelola Alibaba.

Di saat penjual menyampaikan bahwa dengan tambahan biaya 300 yuan saat transaksi di Xianyu pembeli mendapat perlindungan ekstra, Li pun percaya. Mereka lalu berkomunikasi via We-Chat dan akhirnya Li membeli jam pintar itu dengan mentransfer uang via platform Tencent. Dua hari kemudian, Li kegirangan karena paket jam pintar Apple yang dibelinya tiba.

Seorang lelaki yang mengira dirinya mendapatkan arloji Apple bekas dengan harga murah dari seorang penjual daring menerima tidak lebih dari beberapa apel dan arloji Mickey Mouse tua. Pemburu barang murah, bermarga Li dari Qingdao, Provinsi Shandong China Timur ini, bertemu seorang penjual menawarkan jam tangan pintar Apple seharga 2.200 yuan ( $ 310 ) di Xianyu, pasar online untuk barang-barang bekas yang dijalankan oleh Alibaba, Foto : capture layar video yang diposting oleh Beijing News.

Namun, ketika dibuka, paket itu hanya berisi 4 apel, 1 jam usang Mickey Mouse, dan 2 tali jam butut. Li tidak bisa menghubungi penjualnya melalui WeChat ataupun Xianyu.

Polisi menyelidiki kasus ini, tetapi sejauh ini belum bisa melacak pelaku penipuan.

ADH.