Mulailah hari dengan tersenyum. Jangan ragu dengan nasihat itu. Efeknya sungguh luar biasa, tidak hanya untuk kebahagiaan jiwa, tetapi juga untuk usia panjang kita.

Setidaknya itulah yang terjadi pada Chitetsu Watanabe, seorang pria Jepang yang dinobatkan Guinness World Records, Rabu ( 12/2/2020 ), sebagai pria tertua di dunia. Saat ini Watanabe yang lahir pada 5 Maret 1907 di Niigata, utara Tokyo, berusia 112 tahun. Menurut Watanabe, yang memiliki lima anak, kunci umur panjang adalah ” tidak marah dan tetap tersenyum “.

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat harapan hidup tertinggi di dunia. Di Jepang banyak orang memiliki umur panjang di antaranya, Masako Nonaka yang sebelumnya pemegang rekor pria tertua di dunia. Nonaka meninggal bulan lalu dalam usia 112 tahun dan 266 hari.

Sebelumnya ada Jiroemon Kimura, pria paling lama yang pernah hidup. Ia meninggal setelah merayakan ulang tahun ke-116 pada Juni 2013. Saat ini orang tertua yang masih hidup adalah Kane Tanaka, seorang perempuan berusia 117 tahun.

Chitetsu Watanabe yang berusia 112 tahun mengatakan bahwa tersenyum adalah rahasia hidupnya yang panjang. Dia disertifikasi oleh Guinness World Records pada hari Rabu sebagai manusia tertua yang masih hidup di dunia saat ini.

Namun, menurut catatan Guinness World Records, manusia tertua adalah Jeanne Lousie Calment dari Perancis. Ia meninggal pada 1997 dalam usia 122 tahun.

Di tengah dunia yang semakin penuh tekanan, resep umur panjang Watanabe, yaitu tersenyum, tampaknya layak dipraktikkan. Jadi, jangan lupa tersenyum.

AFP / JOS.