Biasanya, di luar acara kenegaraan atau resmi, dalam sejumlah foto, Presiden Rusia Vladimir Putin ( 67 ) tampil dengan gaya atau gestur ” garang ” seperti menyelam di laut dalam. Namun, baru-baru ini, dalam foto yang dirilis, Senin ( 7/10/2019 ), untuk merayakan ulang tahunnya, pemimpin Rusia itu tampil dengan gaya kalem. Ia tampil dengan santai, beristirahat di pegunungan di atas Sungai Yenisei, Siberia.

Foto itu tampaknya diambil saat Putin dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menghabiskan waktu mencari jamur liar pada akhir pekan. Bersama Shoigu, pemimpin Rusia itu disebutkan sedang menikmati keindahan alam di Siberia selatan. Dalam rekaman video yang dirilis Kremlin, tampak Putin dan Shoigu memetik dan mencium jamur.

Dalam foto tak bertanggal yang dirilis oleh Layanan Pers Presiden Rusia ini, Presiden Rusia Vladimir Putin berdiri di atas bukit di Siberia. ( Alexei Druzhinin, Sputnik, Foto Pool Kremlin via AP )

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, penduduk asli kawasan itu, menemani Putin dalam perjalanan itu. ( Alexei Druzhinin, Sputnik, Foto Pool Kremlin via AP )

Presiden Rusia yang mencintai alam telah mengunjungi daerah itu beberapa kali selama beberapa tahun terakhir, berjalan di atas gunung, memancing dan berenang di sungai dan danau yang masih asli. ( Alexei Druzhinin, Sputnik, Foto Pool Kremlin via AP )

Presiden Rusia memilih hutan taiga Siberia untuk mendaki sebelum merayakan ulang tahunnya pada 7 Oktober. ( Alexei Druzhinin, Sputnik, Foto Kolam Kremlin via AP )

” Kami telah naik di awan, pada ketinggian hampir 2.000 meter di atas permukaan latu, ” kata Putin sambil terengah. Namun, Putin tetap tak dapat lepas dari ” sosok garang ” nya. Ia disebutkan mengemudikan sendiri kendaraan berpenggerak  empat roda saat melintasi hutan.

AFP / JOS.