Saat udara panas menyengat dan bikin badan gerah, orang biasa lepas baju. Hal itu juga yang dilakukan oleh sebagian warga Jerman yang kini diselimuti cuaca panas dengan suhu di atas 40 derajat celsius. Tak jarang, seperti juga di negara-negara Eropa lainnya, mereka sengaja lepas baju keseluruhan alias telanjang di tempat terbuka.

Belakangan ini isu telanjang di tempat terbuka menjadi polemik hangat di Jerman. Polemik itu dipicu tindakan aparat kepolisian yang mengeluarkan peringatan kepada warga yang telanjang di muka umum. Kepolisian Brandenburg, Rabu ( 26/6/2019 ), misalnya, mengingatkan pria bersepeda motor sambil telanjang dada dengan hanya mengenakan helm dan sandal.

CUACA” Karena kami tak bicara, ” tulis Kepolisian Brandenburg saat mengunggah foto pria telanjang itu di akun Twitter-nya. ” Ini panas kan, atau kenapa? ” jawab pria itu saat dihentikan polisi.

Anak-anak bermain di bawah sinar matahari di Storkow, Brandenburg pada hari Rabu. Temperatur yang panas telah menghantam Jerman minggu ini dan tetap waspada akan adanya badai tropis. Suhu akan mencapai akhir 30-an pada hari Rabu dan mungkin tanda 40C di beberapa bagian Jerman. Selama beberapa hari mendatang suhu akan turun sedikit sebelum naik lagi ke akhir 30-an pada hari Minggu. Foto : DPA

Warga Jerman umumnya suka alam bebas sepanjang tahun dan sekarang di hari yang cerah mereka akan berduyun-duyun dalam jumlah besar ke banyak danau atau kolam renang terbuka di negara ini. Cara terbaik untuk melakukannya adalah mencari tahu rute ke lokasi tujuan. Untuk sampai ke salah satu danau,  memerlukan perencanaan transportasi umum yang cermat. Foto : DPA.

Polisi Jerman memperingatkan seorang pria yang telanjang di atas moped saat suhu melonjak dalam gelombang panas menerpa Jerman. Polisi di Brandenburg, negara tetangga Berlin, memposting di Twitter dua gambar seorang pria yang mengendarai sepeda motor yang hanya mengenakan helm dan sandalnya, Photo Twitter/Polizei Brandenburg.

Belakangan polisi mengklarifikasi, pihaknya mengingatkan bahwa sebenarnya legal bertelanjang di tempat umum, tetapi dengan catatan tak ada orang yang menyampaikan komplain. Harian Sueddeutsche melaporkan, di Muenchen, beberapa perempuan yang berjemur tanpa baju di tepi Sungai Isar didatangi polisi yang meminta mereka mengenakan bikini. Isu tersebut dibawa Partai Hijau ke Dewan Kota Muenchen.

” Tak bisa dimengerti jika pria boleh berjemur tanpa baju, tetapi perempuan tidak boleh, ” ujar Dominik, yang membawa isu itu ke dewan kota.

AFP / SAM.