Yang membuat Blackhall Colliery, Durham, Inggris, terkenal adalah kejujuran warganya. Pantai di desa itu memang pernah menjadi latar film Get Carter, tetapi ada satu misteri yang membuat warga desa itu lebih berbangga hati. Polisi di Durham mengatakan, dalam lima tahun terakhir mereka menemukan 13 bundelan uang dengan total nilai 26.000 pound sterling atau sekitar Rp 470 juta.

Ini ditinggal dan ditemukan di pinggir jalan. Setiap bundelan berisi kurang lebih 2.000 poun sterling dengan pecahan 20 pound sterling. Temuan terbaru pada 18 November 2019 lalu dan keempat kalinya dalam tahun ini.

Beberapa orang mungkin sangat tergoda untuk mengantongi dan menyimpan bundelan uang yang tidak diketahui siapa pemiliknya. Akan tetapi tidak dengan penduduk desa selama lima tahun terakhir ini. Penduduk desa yang jujur ​​telah menyerahkan kepada polisi 13 bundel uang tunai masing-masing £ 2.000,
Polisi menyimpulkan bahwa bundelan uang itu telah ditinggalkan oleh seseorang yang menginginkan penduduk di bekas komunitas pertambangan Blackhall Colliery, Co. Durham, untuk mendapatkan uang.

Tumpukan uang dalam bundelan tanpa catatan ditinggalkan pemiliknya agar  ditemukan orang. Gambar : Polisi PA / Durham

” Bundelan ini selalu ditinggalkan di depan mata, seperti di trotoar, dan ditemukan warga yang secara acak telah menyerahkannya kemudian, ” kata Detektif Constable John Forster. Perwira polisi itu berspekulasi ada orang yang begitu baik hati dan sengaja meninggalkan paket uang tunai tersebut.

Namun, ia memuji ” semangat komunitas yang luar biasa ” dari penduduk setempat yang menyerahkan kembali uang itu. Beberapa surat kabar Inggris mengatakan Blackhall Colliery tempat paling jujur di Inggris.

AFP / JOS.