Suasana Kota Turin, Italia, Minggu ( 1/12/2019 ), mirip zona perang. Otoritas setempat terpaksa mengevakuasi lebih dari 10.000 penduduk Turin dan meminta lebih dari 50.000 penduduk yang tertinggal di pinggiran kota tetap tinggal di dalam rumah pada pukul 07.00 hingga 16.00. Bahkan, mereka pun menutup wilayah udara di atas kota itu dan menutup stasiun Porta Nuova, yang berada di jalan Nizza yang ditetapkan sebagai zona merah.

Penduduk dievakuasi dari Turin tengah pada hari Minggu ketika para ahli bekerja untuk menjinakkan bom Inggris yang tidak meledak dari Perang Dunia II.
Detonator di ujung ekor bom harus dinonaktifkan. Warga kota Italia utara diberitahu untuk mengosongkan “zona merah” di sekitar Via Nizza di distrik bersejarah, sementara 50.000 warga lainnya disarankan untuk mengungsi atau tetap di dalam ruangan dari pukul 07:00 hingga 16:00 waktu setempat  ( Foto : ANSA ) 1

Semua itu dilakukan demi menghindarkan warga dari bahaya saat para penjinak bom berupaya menjinakkan sebuah bom seberat 250 kilogram yang dijatuhkan Inggris di Turin, lebih dari 70 tahun lalu. Pihak berwenang mengatakan, hulu ledak bom era Perang Dunia II itu mengandung 65 kilogram dinamit.

Mayor Elvio Pascale, yang memimpin operasi penjinakan, mengatakan perlu waktu 7 jam untuk menonaktifkan detonator di ujung ekor bom itu.

AFP / JOS.