Gara-gara pemilik rumah lalai tidak mencabut stop kontak microwave di dapur, anjing piaraan miliknya bisa menyalakan microwave tersebut dan mengakibatkan kebakaran di dapur rumahnya. Insiden ini terjadi di Essex, Inggris, Senin ( 2/12/2019 ) sore, saat sang pemilik rumah keluar rumah. Dia bisa memantau insiden di dapurnya itu dari kamera keamanan yang terhubung ke aplikasi terlepon selulernya.

Begitu melihat asap mengepul di dapur, sang pemilik rumah itu segera menghubungi Layanan Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Essex. Media UPI, Selasa ( 3/12 ), memberitakan bahwa petugas pemadam kebakaran pun merespons, Senin sore. Akibat kebakaran microwave itu, seluruh roti yang ada di dalamnya pun gosong terbakar.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan, anjing itu tidak terluka. ” Jelas ini insiden sangat aneh yang disebabkan oleh anjing itu, ” kata Geoff Wheal, Manajer Pengawas di Kantor Pemadam Kebakaran Corringham. Saat kami tiba dapur penuh dengan asap.

Pemilik anjing, yang tidak ada di rumah pada saat kejadian, melihat asap datang dari dapurnya melalui umpan kamera di teleponnya. Menurut Geoff Wheal, manajer pengawasan di Stasiun Pemadam Kebakaran Corringham, kejadian aneh itu bisa lebih serius. Wheal menyatakan dia dan rekan-rekannya tiba untuk memadamkan dapur yang penuh asap sebelum menyebar. Dia juga memperingatkan pemilik rumah untuk tidak menyimpan makanan dalam microwave saat mesin tidak digunakan.

Petugas pemadam kebakaran memastikan kerusakan tidak menyebar dari area dapur. Insiden itu menunjukkan, microwave tidak boleh digunakan untuk menyimpan makanan ketika sedang tidak digunakan. Saran kami : selalu jaga microwave Anda tetap bersih dan bebas dari makanan atau kemasan apa pun.

” Hewan atau anak-anak dapat menyalakan microwave dengan mudah dari yang Anda kira. Tolong jangan ambil risiko, ” kata Wheal.

LOK.