Kebutuhan pangan populasi dunia akhir abad ini diprediksi naik 80 persen. Tim peneliti dari Jerman menyatakan, tren kenaikan indeks massa tubuh ( BMI ) menyebabkan penduduk butuh lebih banyak kalori. Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Plos One, kegagalan memenuhi kebutuhan kalori memperbesar ketimpangan global.

Studi yang dilakukan tim dari University of Gottingen itu menghitung, 60 persen dari peningkatan kalori akan disebabkan pertumbuhan jumlah penduduk dunia. Menurut Perkiraan Populasi Dunia PBB, populasi global naik dari hampir 7 miliar pada 2010 menjadi 11 miliar tahun 2100.

Lebih dari 18 persen kenaikan kalori dari level tahun 2010 datang dari bertambahnya tinggi dan berat badan populasi dunia.

Seorang petani mengemudikan traktornya di ladang dekat desa kecil Bavarian di Biburg, Jerman selatan. Kebutuhan kalori dunia diperkirakan akan meningkat 80 persen pada akhir abad ini. Jumlah kalori yang dibutuhkan untuk memberi makan dunia hampir dua kali lipat pada akhir abad ini, karena populasi dan berat badan terus meningkat. Sebuah studi yang diterbitkan di Plos One menghitung berapa banyak makanan yang dibutuhkan untuk memberi makan populasi global pada tahun 2100 jika tren saat ini berlanjut. Jawabannya hampir 80 persen lebih dari yang dibutuhkan pada 2010. Foto : STACHE CHRISTOF / AFP / Getty

” Meningkatnya BMI dan tinggi dan berat badan membuat kebutuhan kalori bertambah, ” kata co-author Lutz Depenbusch dari World Vegetable Center, Senin ( 23/12/2019 ).

Sumber : Kilas Iptek / BBC / EVY.