Departemen Pertanian Amerika Serikat ( USDA ) menghapus Wakanda dari daftar daring negara-negara yang memiliki perjanjian perdagangan bebas dengan AS, Kamis ( 19/12/2019 ). Wakanda sejatinya adalah negara asal Black Panther, tokoh superhero rekaan Marvel. Kepada The Washington Post, masuknya Wakanda dalam daftar adalah kesalahan yang tidak sengaja karena menjadi bagian dalam tes untuk para pejabat.

Keterangan gambar Wakanda adalah negara fiksi Afrika Timur dari Black Panther, yang diadaptasi menjadi film tahun lalu. Wakanda pertama kali muncul dalam komik Fantastic Four pada tahun 1966, dan muncul kembali ketika Black Panther diadaptasi menjadi film pemenang Oscar tahun lalu. Foto :  Keterangan gambar/ Marvel / Disney.

Nama Wakanda dalam daftar ditemukan Francis Tseng, insinyur di New York yang sedang mencari data tarif pertanian AS. Setelah Wakanda dihapus dari daftar, Tseng mencuit, ” Yah, USDA menghapus Wakanda dari daftar. Kawan, kita juga dalam perang dagang dengan mereka. ”

Pelacak tarif online departemen ini memiliki daftar barang terperinci yang tampaknya diperdagangkan oleh kedua negara, termasuk bebek, keledai, dan sapi perah.

Reuters / JOS.