Di Indonesia, ada orang menanamkan suatu benda ke tubuhnya, yang disebut susuk. Ben Workman, warga kota Provo, Negara Bagian Utah, AS, menanamkan sejumlah susuk ke tubuhnya. Hal itu bukan untuk memiliki aura daya tarik atau tujuan magis lain.

Susuk-susuk di tubuh Workman berfungsi sebagai kunci elektronik mobilnya hingga sensor pembayaran digital. Dengan sensor di tubuhnya, ia bisa membuka dan memasang kunci pada komputer di kantor. Ia juga bisa membuka pintu kantornya dengan sensor yang tertanam di tubuh, alih-alih dengan kartu seperti yang lazim di lakukan karyawan lain.

Ben Workman adalah satu dari sedikit orang di dunia yang beralih ke implan cybernetic, yaitu jenis chip komputer yang memungkinkan Anda melakukan hal yang berbeda. Akan halnya Ben Workman ia dapat membuka pintu mobilnya, hanya dengan mengarahkan lengan tangannya ke pintu mobil. Di tempat kerja Ben dapat membuka pintu di tempat kerja dengan sensor di tubuhnya dan berbagi informasi kontak, menggunakan teknologi yang sama yang digunakan untuk Apple Pay dan Android Pay.

Kecuali kunci mobilnya, semua sensor itu dipasang Workman dengan bantuan keluarganya. Khusus untuk kunci, seperti diberitakan UPI, Selasa ( 24/12/2019 ), ia meminta bantuan tukang tindik di sekitar rumahnya.

Setelah punya beberapa sensor, ia kerap membuat orang terheran karena bisa membuka beberapa hal dengan melambaikan tangan.

RAZ.