Sebuah majalah Jepang jadi bahan olok-olok gara-gara sok menasihati perempuan dalam berinteraksi dengan pria. Majalah JJ, majalah mode dengan target pembaca perempuan muda, memberi saran dan tips kepada perempuan yang ingin memuji pria berkat kecerdasannya dengan ucapan, ” Anda terdengar seperti ” Socrates “. Sosok Socrates yagn dimaksud, tak lain, adalah filsuf Yunani klasik ( 470-399 SM ).

Foto halaman majalah, yang memuat saran itu, diedarkan melalui Twitter dan jadi bahan olok-olok. Sebagian warganet menuliskan komentar bahwa Socrates tak pernah hidup bahagia dan bahkan dia dihukum mati dengan perintah meminum racun. ” Jika ada perempuan mengatakan bahwa saya terdengar seperti Socrates, saya khawatir, jangan-jangan perempuan itu tak waras, ” cuit salah satu warganet.

Halaman dari majalah Jepang yang menyarankan wanita untuk memuji pria atas kecerdasan mereka dengan mengatakan, “Kamu terdengar seperti Socrates” menjadi bahan ejekan warganet di negara yang berperingkat salah satu terburuk di dunia untuk kesetaraan gender. ( Foto: Twitter / @ hijajogu )

Tips itu, kata majalah JJ, didasarkan pada buku komik karya perempuan Jepang seniman manga berisi kiasan populer tentang perempuan yang memuji pria dan berpura-pura tak tahu. Pesan itu jadi pelemik di Jepang.

Di negara ini, isu ketimpangan jender masih jadi persoalan utama. Laporan ketimpangan jender dalam Forum Ekonomi Dunia 2018, Jepang berada di peringkat ke-110 negara.

AFP / SAM.