Ketika seseorang sedang bermimpi untuk bisa memecahkan Rekor Dunia Guinness, halangan apa pun akan ia taklukkan. Demikian pula yang dilakukan oleh Johanna Basford ( 36 ), seorang seniman Skotlandia. Dia membuat gambar bunga di atas kanvas berukuran raksasa.

Gambar bunga warna hitam-putih itu dia torehkan di atas kanvas seluas 419,9 meter persegi dalam waktu kurang dari 12 jam demi memecahkan Rekor Dunia Guinness. Johanna Basford dikenal karena karya ilustrasinya berupa bunga-bunga dan kehidupan satwa liar dalam buku-buku mewarnai. Untuk upaya pemecahan rekor itu, dia memilih lokasi di kampus lamanya, Ellon Academy, di Aberdeenshire, Skotlandia.

Dalam laporan media UPI pada Selasa ( 19/11/2019 ) disebutkan bahwa Basford mengubah ruang gym kampus untuk proyek menggambar dalam ukuran raksasa tersebut. Juri Guinness memastikan kanvas gambar Basford berukuran 419,9 meter persegi. Luas atau besaran kanvas ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Aman Singh Gulati untuk gambar terbesar yang dibuat oleh seorang individu.

Seniman bernama Johanna Basford sukses mencapai rekor dunia karena aktivitas menggambar  selama 12 jam lamanya. Ia menggambar bunga di atas gulungan kertas di lantai aula gymnasium. Karya seninya mencapai lebih dari 500 meter. Dia menggambar karakter yang menjadi ciri khasnya untuk memecahkan rekor dunia. ” Seni adalah cara yang bagus untuk mengisi ulang hidup dan bersantai, sesuatu yang kita semua lakukan lebih dari itu, ” tuturnya dilansir dari BBC, Rabu (20/11/2019).

” Ini tentu sangat berbeda dengan apa pun yang pernah saya lakukan sebelumnya, ” kata Basford kepada surat kabar The Press and Journal. ” Saya biasanya tidak menganjurkan kreativitas dengan batas waktu, tetapi kadang-kadang Anda memang membutuhkan tenggat atau batasan itu untuk mendapatkan yang terbaik dari pekerjaan Anda. Sangat melegakan telah menyelesaikan gambar dan telah mengalahkan rekor sebelumnya karena saya menyelesaikan gambar itu dengan cepat dan masih banyak waktu, ” katanya.

LOK.