Seorang perempuan yang tinggal di sebuah van di San Diego dengan tikus-tukus kesayangan dilaporkan setuju menyerahkan hewan-hewan itu kepada aparat berwenang. Jumlah total tikus yang hidup dengan perempuan itu tidak tanggung-tanggung, lebih dari 300 ekor. Media San Diego, Union-Tribune, melaporkan bahwa petugas berwenang dari San Diego Humane Society mengetahui perihal perempuan itu setelah mengidentifikasi van sang perempuan.

Aparat pun mendatangi perempuan itu dan van yang menjadi rumahnya, yang terletak dekat kawasan kota pantai Del Mar, pada 8 Oktober lalu. Pihak berwenang menemukan fakta bahwa tikus-tikus itu antara lain telah mencakar-cakar bagian jok van, menggali ke dalam kursi, bahkan menggerogoti kabel mesin. Seorang petugas, Kapten Danee Cook, mengatakan, perempuan itu tidak menghimpun hewan-hewan pengerat itu.

Dijelaskan bahwa awalnya dia mulai dengan hanya memelihara dua tikus peliharaan. Namun, tikus dapat melahirkan setiap empat pekan sehingga jumlahnya terus bertambah seiring perjalanan waktu. Miturut Cook, perempuan itu mengakui banyak hal telah terjadi di luar kendalinya.

” Tikus dalam van yang diparkir di luar sebuah toko Circle K di San Diego adalah rumah bagi ratusan tikus milik seorang wanita yang tidak tahu harus berbuat apa mau memelihara tikus sebanyak itu. ” kata Kimberly Jackson, sukarelawan penampungan hewan liar yang melihat foto-foto itu dan mulai mencari pemilik van awal bulan Oktober.

San Diego Humane Society mengeluarkan 320 tikus dari dalam van Dodge Ram. Saat diperiksa banyak tikus yang hamil.

Pihak berwenang mengumpulkan sekitar 320 tikus, dan lebih dari 100 ekor di antaranya seiap diadopsi. Perempuan itu dilaporkan juga bersedia keluar dari vannya dan tinggal di tempat baru.

Namun, tidak dijelaskan apakah masih berupa van atau rumah permanen.

AP / BEN.