Seekor merpati mengambil bunga poppy dari makam prajurit tak dikenal di The Australian War Memorial, Canberra. Hal ini mengundang perhatian warga. Merpati itu menggunakan bunga-bunga poppy berwarna merah untuk membuat sarang.

Sebagaimana dikutip Reuters dari surat kabar The West Australia, Jumat ( 8/11/2019 ), sarang indah dari bunga-bunga merah tersebut dibentuk oleh merpati di dekat jendela kaca patri The Australian War Memorial. Sarang persis terletak di bawah cahaya lembut yang menembus jendela kaca itu. Bunga Poppy simbil yang dipakai negara-negara anggota negara Persemakmuran menggambarkan pengorbanan angkatan bersenjata yang gugur dalam tugas.

Foto burung poppy sedang mengambil bunga poppy di Australian War Memorial. Merpati tengah membangun sarang merah yang terbuat dari bunga poppy. Foto : Reuters

Sarang bunga poppy merah cerah yang dibangun oleh unggas berbulu di Australian War Memorial sudah jadi tinggal ditempati merpati untuk bertelur. Foto : Reuters.

” Prajurit terluka melambangkan ketahanan. Sarang berbahan bunga poppy adalah pengingat tentang ikatan kuat antara manusia dan binatang di medan perang, ” kata seorang juru bicara The Australian War Memorial.

Kebetulan sarang itu dibuat oleh merpati tersebut menjelang Remembrance Day – hari peringatan untuk para prajurit negara Persemakmuran yang gugur dalam tugas. Perayaan tahunan digelar sejak Perang Dunia 1 dan jatuh pada 11 November.

Reuters / JOS.