Umumnya penumpang pesawat telah mengetahui banda atau cairan apa saja yang dilarang dibawa jika mereka akan terbang. Namun, Otoritas Keamanan Transportasi ( TSA ) Amerika Serikat di wilayah New Jersey tengah, pekan lalu, dikejutkan dengan penemuan benda mencurigakan di dalam sebuah tas milik seorang penumpang pesawat. Peristiwa itu terjadi di Newark Liberty Internasional Airport.

Di dalam tas itu, petugas mendapati benda yang dicurigai sebagai pistol. Kecurigaan itu muncul ketika mereka mengecek barang-barang bawaan melalui melalui mesin sinar-X. Pemeriksaan lebih jauh pun dilakukan.

Setelah tas milik penumpang itu dibuka dan diperiksa, ternyata benda itu adalah sebuah tatakan tempat kertas toilet berbentuk pistol. Replika pistol itu dirancang untuk menempatkan kertas tisu toilet di bagian tengahnya. Tidak diungkapkan identitas penumpang yang membawa benda itu.

Agen Administrasi Keamanan Transportasi di Bandara New York Newark Liberty menemukan barang yang mencurigakan ketika memeriksa barang bawaan penumpang. Barang bawaan itu sebuah replika pistol dalam tas,
terdeteksi melalui mesin sinar-X. Pemeriksaan lebih teliti mengungkapkan bahwa benda mencurigakan itu adalah roller kertas toilet berbentuk pistol. Pistol replika dirancang untuk memutar kertas, bukan peluru. Foto : Administrasi Keamanan Transportasi New Jersey.

Namun, sang penumpang akhirnya tetap tidak diizinkan membawa tempat tisu yang berbentuk mirip pistol itu. Prinsipnya, penumpang tidak boleh membawa senjata api asli ataupun replika.

Pihak TSA memberi pria itu pilihan : tidak membawanya dengan menitipkan kepada teman di bandara atau menyerahkannya kepada TSA. Sang penumpang itu rupanya memutuskan memberikannya kepada TSA.

AP /BEN.