Dua dari tiga bentuk virus polio dieradikasi. Ada tiga tipe virus polio liar yang meski berbeda secara ilmiah, menimbulkan gejala sama, termasuk kelumpuhan, bahkan kematian. Dunia mendeklarasikan bebas dari virus polio tipe dua empat tahun lalu dan kini Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) menyatakan, virus polio tipe tiga dieradikasi atau diberantas.

Virus polio tipe satu menyebar di Afghanistan dan Pakistan. Polio menyerang anak-anak usia di bawah lima tahun. Meski tak ada obatnya, vaksin polio melindungi anak dari infeksi virus itu.

Organisasi Kesehatan Dunia menyambut “langkah bersejarah” menuju dunia bebas polio pada hari Kamis ketika panel ahli bersertifikat mengumumkan, bahwa virus polio tipe tiga telah diberantas. Pengumuman oleh Komisi Global untuk Sertifikasi Pemberantasan Polomiomielitis menyatakan hanya virus polio liar tipe 1 yang masih beredar, setelah tipe 2 dinyatakan diberantas pada tahun 2015, dan tipe 3 minggu ini.

Ibu dan bayinya menunggu di pusat kesehatan yang memberikan vaksinasi terhadap polio di Abeokuta, Nigeria, 11 Juni 2014. Reuters melaporkan kasus polio global telah berkurang lebih dari 99% sejak tahun 1988, tetapi virus polio tipe 1 masih endemik di Pakistan dan Afghanistan, di mana ia telah menginfeksi total 88 orang tahun ini. Polio menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan yang ireversibel dalam beberapa jam. Ini tidak dapat disembuhkan, tetapi infeksi dapat dicegah dengan vaksinasi. Photo by : Hannibal Hanschke/picture-alliance/dpa/AP Images.

Pada peringatan Hari Polio Sedunia, Direktur Regional WHO untuk Afrika Dr Matshidiso Moeti, menyatakan, ” Eradikasi virus polio liar tipe tiga jadi tonggak menuju dunia bebas polio. ”

Sumber : Kilas Iptek / BBC / EVY.