Awalnya tidak jelas mengapa Zorica Rebernik ( 67 ), perempuan pensiunan guru sekolah di Bosnia, tiba-tiba sangat menyukai warna merah. Namun, lama-kelamaan ia merasa ada kekuatan dan tenaga saat mengenakan atau menggunakan yang serba merah. Kesukaan ekstrem Rebernik pada sesuatu yang serba merah itu mungkin sudah pada tahap maniak.

LIhat saja, bukan hanya menghabiskan sepanjang hidupnya hingga kini dengan segala hal serba merah, ia bahkan telah menyiapkan semua terkait kematiannya kelak juga dengan warna merah. ” Saat aku berumur 18 atau 19 tahun, tiba-tiba saja ada dorongan kuat untuk memakai sesuatu serba merah,” kata Rebernik, Kamis ( 17/10/2019 ).

Zorica Rebernik telah menghabiskan masa hidupnya dalam warna serba merah dan berencana untuk tetap seperti itu sampai dia meninggal dunia. Guru sekolah yang sudah pensiun ini tinggal di sebuah rumah merah, tempat dia dan suaminya Zoran makan dari piring merah, minum dari kacamata merah dan tidur di tempat tidur merah. Bahkan rambutnya diwarnai merah. Foto : Facebook Zorica Rebernik.

Selama empat dekade, Zorica Rebernik telah berpakaian merah dari ujung rambut sampai ujung kaki. Perabotan rumah tangganya pun disesuiakan dengan warna merah. Gelas tempat minum pun merah. Foto : Facebook Zorica Rebernik.

Rebernik juga berencana membuat batu nisan merah untuk suaminya, Zoran ( duduk kiri ) selain nisan merah juga untuk nya kelak jika meninggal dunia. Sekarang, dia sudah memiliki batu nisan dari granit merah khusus yang diimpor dari India, dibuat untuk dirinya sendiri dan suaminya Zoran. Saat pasangan ini menikah, gaun pengantin yang dikenakan serba merah. Foto : Facebook Zorica Rebernik.

Pokokmya tidak boleh ada barang setitik pun yang berwarna lain dalam dekorasi rumah atau pakaian. Rumah Rebernik di Breze, dekat Tuzia di Bosnia Utara, dicat merah. Piring, gelas, dan tempat tidurnya juga berwarna merah.

Tak ketinggalan, rambutnya pun dicat merah. Ia bahkan telah memesan nisan berbahan granit warna merah yang dipesan khusus dari India. Wah, sampai-sampai segitunya……

Reuters / SAM.