Guinness World Records mengumumkan seekor kungkang berumur 50 tahun yang ada di kebun binatang Halle, Negara Bagian Saxony-Anhalt, Jerman, dinyatakan sebagai hewan tertua di spesiesnya. Kungkang merupakan mamalia yang kerap dijumpai di pohon-pohon hutan hujan tropis di Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Laman UPI, Rabu ( 16/10/2019 ), menyebutkan kungkang tersebut, hewan yang dikenal lamban bergerak – bernama Paula.

Guinness mengatakan, Paula ditangkap di hutan di Amerika Selatan saat berusia dua tahun lalu dibawa ke Halle tahun 1971. Kungkang biasanya hidup sekitar 20 tahun di alam liar, dan hidup rata-rata 30-40 tahun di penangkaran. ” Paula baik-baik saja tetapi Anda dapat melihat dia sudah tua, ” ujar Jutta Heuer, petugas kebun binatang dan ahli kungkang.

Paula, kungkang asal hutan tropis Amerika Selatan yang tinggal di Kebun Binatang Halle di Saxony-Anhalt, Jerman, secara resmi diakui sebagai kungkang tertua yang hidup di dunia setelah berusia 50 tahun. Foto milik Guinness World Records

Jutta Heuer, seorang kurator di kebun binatang dan ahli soal kungkang di Eropa, mengatakan, Kungkang tiba di Bergzoo di Halle pada tahun 1971 dan sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-50 di kebun binatang pada bulan Juni lalu.

Paula datang dari Amerika Selatan ketika dia berusia 2 tahun.

” Bulu-bulunya tidak begitu lebat. Cakarnya tumbuh dengan cara yang berbeda, sama dengan manusia lanjut usia. Tentu saja, dia bergerak perlahan dan sangat santai, ” kata Heuer.

LOK.