Brexit memang bukan perkara mudah. Selain itu, dampak yang bakal terjadi setelah Brexit pun cukup mencemaskan. Sampai-sampai anggota Parlemen Inggris, Jonathan Edwards, Selasa ( 8/10/2019 ), bertanya kepada para menteri, berapa lama pasokan kertas toilet tetap terjaga apabila Brexit terjadi tanpa kesepakatan.

Edwards tampaknya meminta jaminan bahwa persediaan kertas toilet tidak ” mengering “. Menjawab kegelisahan itu, Sekretaris Kabinet Simon Hart mengatakan, Pemerintah Inggris lebih suka berpisah dari Uni Eropa pada 31 Oktober nanti dengan kesepakatan.

Para juru kampanye anti-Brexit memprotes di luar konferensi partai Buruh di Brighton September 2019. Anggota parlemen Inggris telah meminta pemerintah untuk memberikan jaminan bahwa persediaan kertas toilet tetap tersedia jika Brexit terjadi tanpa ada kesepakatan. Negara itu akan meninggalkan Uni Eropa pada 31 Oktober 2019. Foto : AFP

” Jika ini tidak mungkin, kita harus pergi tanpa kesepakatan, ” kata Hart dengan menegaskan, pemerintah tetap memprioritaskan aliran barang, tentu termasuk kertas toilet.

AFP / JOS