Bagi sebagian orang, anjing dan kucing tidak sekedar hewan peliharaan. Sosis, anggur, susu, dan kue bulan diletakkan di atas nisan kucing dan anjing yang dimakamkan di pemakaman khusus hewan. Itulah yang dilakukan puluhan pemilik hewan peliharaan saat menghadiri upacara khidmat di pagoda Te Dong Vat Nga ( yang artinya semua nyawa setara ).

Orang-orang mengunjungi pagoda untuk berdoa bagi hewan peliharaan mereka yang mati. Pagoda Te Dong Vat Nga didirikan oleh Nguyen Bao Sinh, seorang penyair yang tinggal di Hanoi. Dia telah memikirkan kuburan hewan peliharaan untuk waktu yang lama, tetapi gagasan itu baru terwujud pada tahun 2000.
Bulan ke tujuh (bulan Agustus dalam kalender matahari), juga disebut “bulan hantu” di Vietnam, adalah ketika orang-orang mengingat dan membayar upeti kepada mereka yang telah mati. termasuk kepada hewan peliharaan yang mereka cintai.

Sosis, anggur, susu atau kue, diletakkan di atas batu nisan di pemakaman hewan domestik di Hanoi. Anjing, kucing, dan kura-kura yang dikubur berhak mendapatkan hadiah yang nyata. Puluhan orang pemilik hewan peliharaan berpartisipasi dalam upacara khidmat di Pagoda Te Dong Vat Nga, di mana ribuan kucing dan anjing dimakamkan. Pesta ritual ini biasanya dipraktikkan di Vietnam sebagai penghormatan kepada leluhur, sesuai dengan keyakinan bahwa jiwa mereka mengembara di bumi selama Bulan Hantu dan dihormati dalam sebuah pesta besar, sebelum berakhir pada akhir Agustus. Foto : Hanoi ( AFP )

Sebenarnya, ini adalah ritual pesta yang lebih sering dilakukan warga Vietnam untuk leluhur yang meninggal yang jiwanya diyakini berkeliaran di bumi selama bulan hantu dan dihormati dengan persembahan makan besar sebelum akhir bulan Agustus. Bagi umat Buddha karismatik pencinta anjing yang mengelola pemakaman khusus hewan peliharaan sejak 50 tahun lalu di Hanoi, Nguyen Bao Sinh, jiwa hewan peliharaan harus diperlakukan dengan martabat yang sama seperti manusia.

” Kami mencintai anjing dan kucing tidak hanya dalam hidup ini, tetapi juga di kehidupan yang akan datang, ” katanya, Senin ( 19/8/2019 ), di Hanoi, Vietnam.

AFP / ADH.