Seorang perempuan tunawisma bersuara emas, yang terekam video tengah melantunkan lagu klasik di peron stasiun bawah tanah Los Angeles, AS, kini panen rezeki. Berkat penggalangan dana melalui laman GoFundMe, perempuan bernama Emily Zamourka ( 52 ) itu memanen sekitar 70.000 dollar AS atau hampir Rp 1 miliar. Pekan lalu, ia direkam video oleh petugas kepolisian saat sedang penyanyikan lagu klasik karya Puccini.

Ia menyanyi sambil menenteng tiga tas di tangan kiri, sementara tangan kanan memegang troli berusi tumpukan barang. Video itu diunggah di akun Twitter Kepolisian Los Angeles ( LAPD ) dan viral. Video itu telah ditonton lebih dari 800.000 kali.

Kepada koran Los Angeles Times, Zamourka bercerita, ia datang dari Rusia pada usia 24 tahun. Ia pernah memberi les piano dan pelajaran musik serta mengamen dengan violin di jalan-jalan. Beberapa tahun lalu, violinnya dirampas dan rusak.

Musisi bersuara emas yang keluar masuk di stasiun bawah tanah dengan menyanyikan lagu klasik akhirnya panen rejeki. Penampilan Emily Zamourka saat diambil gambarnya oleh petugas kepolisian saat sedang penyanyikan lagu klasik karya Puccini.

Penyanyi kelahiran Rusia, Emily Zamourka ( 52 ) saat menyanyi di stasiun bawah tanah Wilshire-Normandie di Los Angeles.

Penyanyi opera tunawisma Los Angeles Emily Zamourka telah melakukan pertunjukan pertamanya sejak ia menjadi viral dalam video yang direkam di stasiun kereta bawah tanah. Penyanyi berusia 52 tahun ini tampil pada pembukaan Historic Little Italy di pusat kota San Pedro pada hari Sabtu di hadapan audiensi langsung yang memujinya dengan tepuk tangan meriah.
Penyanyi kelahiran Rusia ini hanya membawakan satu lagu, aria Puccini yang sama dengan yang ia lakukan dalam video viral yang menjadi terkenal.
Setelah penampilannya, ia mengucapkan terima kasih kepada hadirin karena mendengarkan dan meningkatkan kesadaran tentang krisis tunawisma di California yang tak punya tempat tinggal tetap.

Kehilangan sumber pendapatan, ia tak mampu menyewa apartemen dan menjadi gelandangn. Tanpa violin, sumber penghasilannya – selain bantuan pemerintah 400 dollar AS – adalah suaranya.

Ia memilih kerap menyanyi di stasiun bawah tanah. Berkat menyanyi di tempat itu, ia kini meraup rezeki besar. Kata Zamourka, ” Ini mukjizat. ”

AP / SAM.