Sebuah balai lelang di Inggris bersiap untuk menjual 98 koin yang dicetak sekitar 1.000 tahun yang lalu. Koin-koin itu ditemukan baru-baru ini oleh seorang pria dengan detektor logam. Keseluruhan koin diperkirakan senilai 37.000-62.000 dollar AS.

Don Crawley adalah pria Inggris yang menemukan koin-koin tersebut. Ia mengaku menggunakan detektor logam di sebuah lahan pertanian di Suffolk, Inggris, saat menemukan tumpukan 92 koin di bawah permukaan tanah.

Seorang juru lelang Inggris sedang bersiap untuk menjual 98 koin yang dicetak sekitar 1.000 tahun yang lalu dan baru-baru ini ditemukan oleh seorang pria dengan detektor logam. Don Crawley yang menemukan koin kuno itu mengatakan, dia menggunakan detektor logam di tanah pertanian di Suffolk, Inggris, ketika dia menemukan tumpukan 92 koin terkubur di bawah tanah.

Petugas Penghubung Temuan dipanggil dan mereka menyelidiki situs yang ternyata adalah gereja Saxon yang sudah lama terlupakan. Crawley juga  menemukan sisa-sisa tulang manusia dan enam koin lainnya. Temuan 98 koin – 81 uang perak Anglo Saxon dan 18 potongan setengah dolar  akan dilelang oleh Dix Noonan Webb pada bulan Desember. Rumah lelang mengatakan koin-koin itu diharapkan dijual seharga $ 37.000 hingga $ 62.000. Foto dan Hak Cipta 2019 oleh United Press International.

” Petugas Penghubung Aneka Temuan dipanggil dan mereka menyelidiki situs yang ternyata adalah bekas gereja Saxon yang sudah lama terlupakan. Penggalian di sekitar tempat tersebut berhasil menemukan sisa-sisa tulang manusia, dan saya menemukan enam koin lainnya, ” kata Crawley, seperti dikutip media UPI, Kamis ( 26/9/2019 ).

Lelang akan digelar pada Desember mendatang.

BEN.