Para gembala di Zilin Gol, Daerah Otonomi Mongolia di China Utara, telah memasangkan pedometer pada sejumlah domba yang mereka jual untuk membuktikan hewan ternak mereka telah berjalan 40.000-50.000 langkah sehari di area merumput. Gimik pemasaran itu merembet ke penjualan daging domba seiring dengan munculnya slogan ” daging dari domba yang berjalan 40.000 langkah sehari “. Slogan ini telah memuat penjualan daging domba secara daring meningkat 10 kali lipat.

Rombongan domba mengenakan pedometer merah di kaki belakang mereka bergegas ke luar dari kandangnya. Mereka berjalan ke padang rumput di daerah Otonomi Mongolia Dalam, Cina Utara. Foto : video Btime

Para pembeli menyatakan, daging domba yang dilepasliarkan di area penggembalaan lebih lembut dan lebih enak rasanya. Sebuah video yang diunggah Btime, Jumat ( 30/8/2019 ), menunjukkan seorang gembala memasangkan pedometer ke dombanya yang ia gembalakan di padang rumput hijau di pedalaman Mongolia.

Seperti dikutip laman Globaltimes, nilai penjualan daging domba di daerah itu meningkat dari 3 juta yuan pada dua tahun lalu jadi 30 juta yuan di tahun ini.

ADH.