Toilet unik, yang terbuat dari emas murni, untuk pameran seni dicuri dari tempatnya di Istana Blenheim – tempat lahirnya pemimpin Inggris era perang, Winston Churchill di barat London, Inggris, Sabtu ( 14/9/2019 ). Karena dibuat dari emas murni, toilet karya seniman Italia, Maurizio Cattelan, itu ditaksir 1 juta poundsterling ( Rp 17,4 miliar ). Sebelum raib, toilet itu baru dipasang selama dua hari di Istana Blenheim.

Sebelumnya, toilet itu dipamerkan di Museum Guggenheim di New York, AS. Miturut polisi, toilet emas itu digondol pada Sabtu dini hari oleh pencuri yang menggunakan dua kendaraan. Toilet itu tersambung dengan sistem pipa saluran air.

Sebuah toilet emas yang dibuat sebagai Art Piece dicuri dari Istana Blenheim. Dua orang yang diduga sebagai pelaku telah ditangkap, tetapi polisi masih mencari toilet yang dicuri itu dimana keberadaannya. Oleh Cattelan toilet dimaksudkan menjadi bagian satir tentang kekayaan berlebih seseorang. “Apa pun yang Anda makan, makan malam atau makan siang yang harganya 200 dolar atau hot dog yang dua dolar, kalau ke toilet, hasilnya sama saja, yaitu menjadi kotoran manusia, ” katanya. 

Toilet emas 18 karat yang dinamakan “Amerika” adalah hasil karya seniman Italia, Maurizio Cattelan. Toilet itu ikut ditampilkan dalam pameran besar karya Cattelan di Istana Blenheim di Oxfordshire, Inggris.

Akibatnya, setelah toilet diangkut, banjir menggenangi ruangan toilet pada bangunan Warisan Dunia UNESCO itu. Seorang pria berusia 66 tahun ditangkap, tetapi belum diidentifikasi atau didakwa.

Sebelum toilet raib, pengunjung pameran bisa memesan menggunakan toilet itu selama 3 menit. Toilet emas itu, kata Cattelan, sebagai satire pada orang yang suka kemewahan secara berlebihan.

AP / SAM.