Dukun palsu bukan hanya ada di Indonesia. Di Amerika Serikat pun ada yang mengaku dukun demi mendapatkan uang. Hal itu dilakukan Sherry Tina Uwanawich ( 28 ). Tidak tanggung-tanggung, uang yang didapat dukun palsu asal Florida selatan itu mencapai 1.6 juta dollar AS atau Rp 22,4 miliar.

Uang itu didapatnya dengan menipu seorang perempuan asal Texas. Modus Uwanawich mirip dengan dukun palsu yang beraksi di mana-mana : mengaku bisa menghilangkan kutukan, santet, dan guna-guna. Korban pertama kali bertemu Uwanawich pada 2007. Pelan-pelan, ia meyakinkan korban dan keluarganya terkena kutukan.

Selama tujuh tahun dukun palsu membuka praktek, setiap kali praktek, korban diharuskan membayar peralatan praktek dukun, yaitu membeli bola kristal dan lilin. Alat ini dipakai untuk mengangkat kutukan dan menyelamatkan keluarga pasien dari kesialan. Getty Images.  

 mengaku sebagai spiritualis, bisa mengobati seseorang yang kena kutukan. Dalam praktek dia meminta sejumlah uang kepada pasien untuk membeli media konsultasi yang harganya cukup mahal, yaitu bola kristal dan sejumlah lilin. Foto dan Credit Broward County Sherrif’s Office

Korban percaya pada Uwanawich dan mau memberinya uang dalam jumlah besar untuk membeli peratalan mengusir setan. Peralatan yang dibutuhkan Uwanawich adalah lilin dan bola kristal.

Tidak dijelaskan lilin jenis apa yang berharga jutaan dollar AS. Hal yang jelas, pekan lalu Uwanawich divonis 3,3 tahun penjara dan membayar ganti rugi ke korban.

AP / RAZ.