Banyak sekolah di Amerika Serikat dan Inggris melarang buku Harry Potter karena dituduh mempromosikan ilmu hitam. Hal seperti itu terjadi juga di Nashville, Tennessee, AS. Atas saran pengusir roh, pemimpin sekolah katolik St Edward, Pastor Dan Reehil, melarang buku-buku Harry Potter ada di perpustakaan sekolah karena bisa digunakan siswa untuk memanggil roh.

Seri buku bagian tujuh “Harry Potter” oleh J.K. Rowling dilarang disimpan di perpustakaan sekolah di Inggris dan Amerika Serikat. Getty Images.

Diluncurkan tahun 1997, serial buku Harry Potter berkisah tentang pertarungan epik antara kebaikan dan kejatahan yang berfokus pada petualangan penyihir muda berkacamata melawan penyihir gelap Lord Voldemort. ” Kutukan dan mantra yang ada di buku itu adalah mantra dan kutukan sesungguhnya yang jika diucapkan manusia berisiko menghadirkan roh jatah ke hadapan si pembaca buku, ” kata Reehil melalui surel yang diperoleh media lokal.

Kepada koran The Tennessean, Rebecca Hammel, pengawas sekolah di Keuskupan Nashville, Selasa ( 3/9/2019 ), mengatakan, Reehil ” memiliki wewenang untuk melakukan hal itu ” . Pihak sekolah tidak akan menawarkan buku Harry Potter kepada siswa baru.

AFP / ADH.