Sering terjadi hewan piaraan tak hanya menjadi sahabat bagi pemiliknya, tetapi juga kerap menjadi penyelamatnya. Seorang pria warga kota New Albany, Negara Bagian Mississippi, Amerika Serikat, menjadikan anjing piarannya sebagai pahlawan setelah ia dan anak laki-lakinya selamat dari kebakaran rumahnya berkat aksi anjingnya. Marvin Foster, warga tersebut, menceritakan upaya penyelamatan anjingnya kepada koran Northeast Mississippi Daily Journal.

Saat itu, ujar Foster, dirinya sedang keluar dari kamar mandi ketika Duddley – nama anjingnya – menubruk pintu kamar mandi dan memberikan isyarat ada kebakaran di dapur. Foster cepat-cepat berpakaian dan berteriak pada anak laki-lakinya, Terrance, agar segera keluar rumah yang tengah dilalap api. Foster dan anaknya selamat dari kebakaran.

Dudley pulih dari cedera yang diderita setelah dirawat dokter hewan. Luka yang dia derita saat dia menyelamatkan keluarga majikannya dari kebakaran rumah. Rumah Marvin Foster terbakar di bagian dapur. ( Foto WTVA )

Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api yang membakar dapur rumah milik keluarga Marvin Foster.

Namun, naas bagi Dudley. Sebuah tembok runtuh dan menghalangi pintu kamar mandi, menyebabkan Dudley terperangkap di dalamnya. Petugas kebakaran berhasil menyelamatkan Dudley serta memberinya air dan oksigen.

Anjing itu mengalami luka bakar di bagian telinga dan mata, serta banyak mengisap asap. Kondisinya membaik setelah dirawat dokter hewan. Sejak itu, Foster menahbiskan anjing piaraannya sebagai pahlawan.

AP / SAM.