Ada cara unik warga Baghdad, Irak, untuk melawan kekerasan. Salah satunya adalah Majed Abdennour ( 50 ). Warga Baghdad itu memiliki sebuah kecapi unik.

Kecapi itu dibuatnya dari sebuah senapan serbu buatan Kalashnikov dan kotak amunisi. Dengan mengenakan blazer biru dan dasi gelap, Abdennour memetik senar instrumennya yang tidak biasa itu. Sebagaimana diunggah kantor berita AFP, Sabtu ( 10/8/2019 ), Majed yang berprofesi sebagai guru itu memang memiliki senapan serbu di rumah untuk melindungi diri dan keluarganya saat Irak terbenam dalam kekerasan sektarian era tahun 2006 hingga 2008.

Musisi Irak, Majed Abdennour, memainkan kecapi yang dibuat khusus dari senapan serbu Kalashnikov dan kotak amunisi, di rumahnya di kawasan al-Bayaa di barat daya Baghdad, Irak pada 9 Agustus 2019. Foto : ( AFP / Ahmad Al-Rubaye )

” Saya bertanya kepada diri sendiri, mengapa perang? Mengapa kekerasan? Saya akan mengubah semua itu menjadi musik, ” kata Abdennour, yang kehilangan sejumlah sepupu dan teman dalam serangan itu.

AFP / JOS.