Sebuah danau tempat pembuangan air limbah pembangkit listrik di Novosibirsk, kawasan Siberia, Rusia, menjadi magnet kunjungan ribuan warga setempat dan obyek swafoto yang instagramable ( layak diunggah ke Instagram ) berkat warna kebiru-biruan airnya. ” Maladewa-nya Siberia “, demikian sebutan orang setempat pada danau itu, merujuk negara Maladewa, salah satu surga wisata. Danau itu dikunjungi banyak orang – dari pasangan romantis, penggemar dayung, pengantin baru, hingga para perempuan berbikini – yang mengabadikan diri dalam swafoto berlatar belakang pemandangan danau biru itu.

Foto-foto sepotong surga kecil di Siberia. Hamparan air biru kehijauan yang indah, angin bertiup, dan wanita yang berselimut pakaian renang. Danau di Siberia layak diabadikan dalam gambar di Instagram oleh pengunjung yang telah merasakan keindahan warna hijau biru air danaunya.

Seorang wanita berpose untuk foto pribadinya. Ia tak perlu pergi ke Malvides. Cukup di Siberia saja pemandangan indah danau ini layak diabadikan dan dibagikan ke Instagram.

Dalam foto Jumat, 12 Juli 2019 ini, sepasang suami istri mengambil foto selfie di tepi danau di kota Siberia, Novosibirsk, sekitar 2.800 kilometer ( 1.750 mil ) timur Moskow, Rusia. Ribuan penduduk Novosibirsk, dari wanita berpakaian minim hingga pengantin baru, telah membuat foto narsis di dekat danau yang dijuluki ” Siberia Malvides ” setelah pulau-pulau tropis yang begitu indah di Samudra Hindia pernah mereka kunjungi. Ini sebenarnya adalah danau buatan manusia dari pembangkit listrik terdekat yang menyediakan sebagian besar kebutuhan energi listrik Novosibirsk. ( Foto AP / Ilnar Salakhiev )

Penduduk kota di Siberia tidak perlu terbang ke daerah tropis, Maldives untuk melihat keindahan air laut biru Samudra Hindia. Di Siberia pun ada danau berair biru dan hijau cerah yang dijuluki ” Siberia Maldives.” Danau itu berwarna biru, karena reaksi kimia antara unsur-unsur limbah beracun dari pembangkit listrik lokal. Para pecinta lingkungan memperingatkan orang-orang agar tidak bersentuhan dengan air. Foto : AP Moscow.

Padahal, warna biru air danau tersebut adalah hasil reaksi kimia unsur-unsur limbah beracun dari pembangkit listrik setempat. Para ahli lingkungan juga telah memperingatkan agar warga tidak menyentuh air danau itu terkait kandungan racun dan zat kimia berbahaya di danau tersebut. Namun, hal itu tak menyurutkan warga berkunjung ke danau tersebut dan berlomba swafoto untuk diunggah di Instagram.

Foto-foto terbaik ditayangkan di akun Instagram ” Novosibirsk Maldives “. ” Kita bisa bandingin ( foto danau ini ) dengan foto-foto Maladewa, ” ujar Sergey Griva, pengunjung danau. Wisata murah-meriah, tetapi tetap bisa bergaya…..

AP / SAM.