Tidak sopan menanyakan berat badan seorang perempuan. Namun, panitia Kejuaraan Dunia Angkat Istri harus memastikan berat Neringa Kirkliauskiene untuk kepentingan hadiah. Bersama suaminya, Vytautas Kirkliauskas, Kirkliauskiene berhak mendapatkan bir dengan jumlah sebanyak berat badannya.

Bir itu adalah hadiah bagi Kirkliauskas-Kirkliauskiene yang memenangi kejuaraan dunia tersebut pada akhir pekan lalu di Sonkajarvi, Finlandia. Pasangan Kirkliauskas-Kirkliauskiene adalah juara bertahan yang memenangi kejuaraan itu pada 2018 dan 2019. Untuk menjadi juara, pasangan tersebut harus beradu cepat dengan pasangan lain.

Orang-orang mengambil bagian dalam lomba lari membawa isteri, melewati rintangan setinggi 278 yard, dalam kejuaraan dunia ke-24 di Sonkajarvi, Finlandia, Sabtu, 6 Juli 2019. Meskipun demikian, pasangan tidak harus menikah. Panitia mengatakan pria peserta kontestan lari bisa “mencuri istri tetangga” jika mereka tidak memiliki teman wanita. ( Foto AP / David Keyton )

Vytautas Kirkliauskas dan istrinya Neringa Kirkliauskiene mencapai garis finish setelah berlari melewati lapangan rintangan berpasir sejauh 253,5 meter ( 278 yard ) yang melelahkan dalam 1 menit 6,72 detik Sabtu. Pemecahan rekord kemenangan ini hanya sepersepuluh detik di depan mantan juara dunia enam kali, Taisto Miettinen dari Finlandia dan rekan barunya, Katja Kovanen.

Rintangan lari bervariasi rintangannya. Salah satunya ada kolam berisi air yang harus dilewati pelari. Sejarah lomba lari memanggul istri alias Wife Carrying Championships berasal dari gagasan Sonkajärvi untuk menciptakan rasa gembira penuh humor, sebagai sejarah lokal masyarakat Sonkajarvi.
Pada akhir 1800-an ada di daerah itu seorang perampok bernama Rosvo-Ronkainen, yang dikatakan telah mencuri wanita dari desa tetangga sambil berlari memanggul wanita itu di pundaknya.

Kirkliauskas harus berlari sembari memanggul Kirkliauskiene melewati lintasan sepanjang 253,5 meter. Sebagian lintasan berada di air dan ada aneka rintangan lain.

Benar-benar seperti pernikahan, aneka rintangan harus dilalui bersama. So sweet…..

Youtube :

AP / RAZ.