Perdana Menteri Macedonia Utara Zoran Zaev tertipu dua warga Rusia yang dikenal kerap usil pada pejabat-pejabat negara lewat percakapan main-main via telepon. Vladimir ” Vovan” Kuznetsov dan Alexei ” Lexus ” Stolyarov, dua warga Rusia itu, menelepon PM Zaev dengan berpura-pura menjadi mantan Presiden Ukrania Petro Poroshenko. Dalam percakapan via telepon itu, ” Poroshenko ” menawarkan mediasi kemerdekaan Gereja Ortodoks Macedonia melalui Patriakh Ortodoks Bartholomew, otoritas tertinggi Gereja Ortodoks.

Zaev diminta menyiapkan uang suap 100.000 euro ( Rp 1,5 miliar ). ” Mantap, enggak ada masalah, ” ujar Zaev. Dalam tiga pembicaraan via telepon lainnya, antara Agustus 2018 dan April 2009, Zaev – meyakini dua warga Rusia usil itu adalah Sekjen NATO Jens Stoltenberg – mengatakan, Rusia punya banyak mata-mata di kawasan.

Dua komedian Rusia mengaku telah mengelabui Perdana Menteri Makedonia Utara Zoran Zaev. Duo prank komedian Rusia, Vladimir ” Vovan ” Kuznetsov dan Alexei ” Lexus ” Stolyarov, yang menyamar menjadi mantan Presiden Ukraina Petro Poroshenko dalam pembicaraan melalui telepon. Video hasil pembicaraan tersebut diunggah ke ke media sosial pada Selasa (9/7/2019) hingga menjadi viral. Percakapan dilakukan menggunakan bahasa masing-masing yang dibantu oleh penerjemah.

Rekaman-rekaman pembicaraan via telepon itu diunggah di Youtube, Selasa ( 9/7/2019 ). Hari itu juga Zaev meminta maaf. Sebelumnya, penyanyi Elton John, mantan Menlu Inggris Boris Johnson, Presiden Belarus Alexander Lukashenko, dan PM Kosovo Ramush Haradinaj pernah merasakan keusilan Vovan dan Lexus.

Korban Vovan-Lexus rata-rata adalah para musuh Rusia. Wah!

AFP / SAM