Seorang dokter, yang juga model, di Myanmar tengah berjuang menuntut keadilan atas perlakuan terhadap dirinya. Nang Mwe San ( 28 ), sang dokter itu, dicabut izin prakteknya oleh Dewan Medis Myanmar gara-gara ia kerap mengunggah foto-foto seksinya di Facebook. Di halaman Facebooknya, Mwe San kerap menampilkan foto dirinya mengenakan baju ketat, pakaian dalam, baju renang, dan pakaian tradisional Mynmar dalam pose-pose seksi.

Dalam surat yang ditujukan kepada Mwe San bertanggal 3 Juni 2019, Dewan Medis Myanmar menyebut Mwe San berpakaian tak pantas. San mengunggah surat itu ke halaman Facebooknya. ” Saya terkejut dan sangat sedih. Menjadi dokter itu butuh perjuangan panjang, ” ujarnya dalam wawancara per telepon, Jumat ( 14/6/2019 ).

Foto Dokter Myanmar yang Viral di media sosial, Nang Mwe San, terlihat seksi. Karena itulah, izin prakter medis sebagai Dokter di Myanmar dicabut lantaran kerap mengunggah foto-foto seksinya di Facebook. Dewan Medis Myanmar menganggap dokter yang juga sebagai model dianggap bertentangan dengan tradisi di Myanmar yang memegang teguh kesopanan di depan umum. Apalagi dia sering berhadapan dengan pasien yang memerlukan pertolongan karena penyakitnya.

” Apakah saya mengenakan pakaian-pakaian seksi saat menemui pasien? Tidak pernah.” Mwe San telah menjadi dokter umum selama empat tahun, tetapi menghentikan praktik dokternya, dua tahun lalu, untuk mengejar karier modelnya.

Ia mengaku akan menempuh upaya banding atas keputusan Dewan Medis Mynmar, Rainfall, menyebut kasus Mwe San merupakan contoh kontrol masyarakat atas tubuh perempuan di Mynmar. Namun, apa pun yang saya hadapi, saya tak akan mundur dari profesi model, ” ujar Mwe San.

Thomson Reuters Foundation / SAM.