Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) resmi mengadopsi Klasifikasi Penyakit Internasional ( ICD ) edisi ke-11 dalam Sidang Majelis Kesehatan Dunia di Geneva, Swiss, Sabtu ( 25/5/2019 ). Salah satu penyakit baru yang masuk ICD-11 adalah kecanduan bermain video gim. Perilaku ini masuk dalam masalah kesehatan mental.

Kecanduan video game diklasifikasikan sebagai gangguan kesehatan mental oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

” Klasifikasi mengacu pada gangguan permainan sebagai pola perilaku game yang terus-menerus atau berulang yang menjadi sangat luas sehingga melupakan kepentingan hidup lainnya, ” kata Dr. Shekhar Saxena, Profesor Tamu, Harvard T.H. Chan School of Public Health, yang berbicara dalam seminar tentang ‘Kesehatan Mental. ( Photo by Amal KS/Hindustan Times via Getty Images )

WHO mendefinisikan, seseorang disebut kecanduan video gim jika sudah kehilangan kendari diri hingga terus bermain gim meski mengganggu kegiatan sehari-hari, termasuk sekolah, bekerja, tidur, hingga waktu bersosialisasi dengan keluarga dan masyarakat. Gejala itu berlangsung minimal 12 bulan.

Penetapan ini, kata pakar kesehatan mental WHO, Shekhar Saxena, seperti dikutip Reuters, akan mempermudah masyarakat dan ahli untuk mencegah kecanduan video gim.

Sumber : Kilas Iptek / MZW.