Kekhawatiran atas citra tubuh yang tidak sesuai meningkat. Citra tubuh ideal yang ditanamkan industri dan media sosial memicu stres, depresi, hingga keinginan bunuh diri pada banyak orang. Padahal, ada keragaman tipe tubuh manusia di dunia.

Untuk Hari Kesehatan Mental Dunia 2018 yang lalu, kami fokus pada pendidikan dan meluncurkan kampanye baru kami, Make it Count, Karena kesehatan mental bukan kegiatan ekstrakurikuler. Tema Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Hari Kesehatan Mental Dunia tahun ini, adalah kaum muda dan kesehatan mental dalam mengubah dunia. ” Kita tahu bahwa semakin banyak orang hidup dengan banyak masalah kesehatan dengan membuatnya masuk hitungan, kita dapat meningkatkan kesehatan mental antara murid dan guru, ” kata Mark Rowland.

Jajak pendapat yang dilakukan Yayasan Kesehatan Mental ( MHF ) Inggris terhadap 4.500 orang menemukan, sepertiga responden cemas dengan tubuh mereka. Dari jumlah itu, 1 dari 8 orang di antaranya memiliki pikiran untuk bunuh diri. Banyak responden merasa jijik, malu, atau mengubah perilaku untuk menutupi citra tubuhnya yang dianggap tak ideal.

” Perempuan, khususnya perempuan muda, menunjukkan tingkat stres lebih tinggi, ” kata Kepala Eksekutif MHF Inggris, Mark Rowland, Senin ( 13/5/2019 ). Tekanan itu tak dialami orang muda.

Sumber : Kilas Iptek / BBC / MZW.