Pesawat kenegaraan yang biasa digunakan Kanselir Jerman Angle Merkel terpaksa dikandangkan karena ditabrak sebuah kendaraan. Sebagaimana diberitakan kantor berita Associated Press ( AP ), Selasa ( 14/5/2019), kecelakaan terjadi di Bandara Dortmund. Seorang karyawan bandara yang begitu antusias mengambil gambar saat melihat pesawat itu dengan segera keluar dari van yang dikendarainya.

Namun, ia lupa memasang rem tangan, dan tanpa disadarinya kendaraan itu meluncur perlahan ke arah hidung jet Global 5000 dan menabraknya. Spiegel Online mengunggah gambar tabrakan itu. Dalam akun Twitter-nya, Angkatan Udara Jerman mengatakan, Merkel, Senin lalu, terpaksa kembali ke Berlin dengan menggunakan helikopter.


Pesawat pemerintah Jerman telah dilanda serangkaian musibah dalam beberapa bulan terakhir. Salah satunya, pesawat kepresidenan yang biasa dinaiki Angela Merkel ditabrak van di Bandara Dortmund. Saat itu, sebuah van tiba-tiba menabrak pesawat Angela Merkel. Kabarnya pengemudi itu adalah penggemar Kanselir yang terlalu bersemangat ingin melihat kanselir. Dalam foto tampak Merkel memeriksa kerusakan pada hari Senin. Foto : DPA

Bagi AU Jerman, peristiwa itu disebut sebagai menambah sakit kepala yang tidak perlu. Sebelumnya, AU Jerman telah dihadapkan pada persoalan menuanya armada pesawat kenegaraan yang menyebabkan penundaan perjalanan bagi Merkel atau pejabat lainnya.

AP / JOS.