Tinggal beberapa hari lagi, Jepang memasuki era baru seiring pergantian kaisar. Sebuah perusahaan kewirausahaan menjual kaleng berisi “udara era yang akan segera berlalu”. Kaleng-kaleng itu berisi “udara Hesei” – era 30 tahun kekaisaran Akihito.

Pada Senin ( 22/4/2019 ), sekaleng “udara Heisei” dipatok seharga 1.080 yen (  9,60 dollar AS atau sekitar Rp 135.000 ). Kaleng-kaleng itu dibuat di Desa Henari, Jepang tengah, bertuliskan karakter “Hesei”. Selain berisi “udara Heisei”, kaleng itu juga berisi 3 koin 5 yen, simbol kemujuran.

Satu kaleng berisi udara Heisei Jepang yang akan keluar. Kaleng-kaleng kecil berisi udara telah dijual di Jepang, ketika demam pergantian kekaisaran menyapu bangsa Jepang dan menginspirasi bisnis negeri itu menjelang pengunduran diri kaisar minggu depan. Foto : AFP

Kaleng udara Heisei dijual di desa Henari, Prefektur Gifu. Kaleng-kaleng itu harganya hampir £ 7,50 (1.080 yen) dan berisi suasana era yang sedang keluar, di mana namanya menggunakan simbol kanji yang sama dengan Heisei di era kekaisaran saat ini. Credit : AFP

Menjelang pergantian kaisar dari Akihito ke Naruhito, 1 Mei depan, perusahaan-perusahaan Jepang berpacu memproduksi cendera mata memorabilia peralihan era “Heisei” ke “Reiwa”. Semacam aji mumpung.

AFP / SAM