Kekuatan web telah merambah ke berbagai bidang. Di Bucharest, sebagaimana diberitakan Reuters, Rabu ( 1/5/2019 ),sebuah keluarga penyihir Romania melantunkan mantra melalui video call untuk kliennya di India.

Keluarga penyihir Rumania menggunakan panggilan video ke klien mereka di India dengan mantra cinta yang diucapkan. Ritual sihir dilakukan di Mogosoaia dekat Bucharest, Rumania 25 April 2019. ( REUTERS / Emily Wither )

Layanan itu merupakan salah satu dari banyak layanan konsultasi via daring, bergantian dengan ritual lain yang mereka siarkan secara langsung melalui Facebook.

Sihir web telah mengikat pengikut digital mereka. ” Ulangi setelah saya! Bersama dengan yang aku inginkan. ” Instruksi itu datang dari keluarga penyihir Rumania, yang melakukan panggilan video dengan seseorang kliennya di India.

Orang tersebut membayar para penyihir untuk mengucapkan mantra – sekelompok kata rahasia yang diyakini memiliki kekuatan sihir ketika diucapkan. Sihir adalah tradisional di negara Eropa Timur.

Munculnya internet dan media sosial telah membantu menumbuhkan bisnis komunitas penyihir Rumania. Banyak yang diperkirakan 4.000 penyihir di negara itu sekarang mendapatkan pelanggan dari Eropa, Asia dan Amerika Serikat.

” Seorang penyihir yang sangat kuat dapat menyelesaikan masalah dari kejauhan,” jelas penyihir berusia 20 tahun Cassandra Buzea.

Reuters / JOS.