Petugas perpustakaan di Michigan, Amerika Serikat, belum lama ini menerima pengembalian sebuah buku yang dipinjam hampir 51 tahun silam. Ya, setengah abad lebih lamanya! Buku berjudul Life of Charles Dickens karya John Forster tersebut dikembalikan oleh seorang perempuan yang menemukannya di rumah salah satu kerabatnya.

Pengembalian buku itu diumumkan oleh Perpustakaan Umum Flint melalui akun Twitter-nya, @flintlibrary, Rabu ( 27/3/2019. Dalam cuitannya, perpustakaan itu mengunggah foto kartu peminjaman buku yang memperlihatkan bahwa buku itu berakhir dipinjam pada 16 Mei 1968. Setelah dihitung oleh pustakawan Carmen Walker, buku itu dipinjam selama 18.579 hari.

Buku karya John Foster berjudul : The Life of Charles Dickens.

Seseorang menyerahkan buku yang sudah sangat terlambat ke perpustakaan hari ini. Kami tidak tega menagih mereka. Tidak masalah seberapa terlambat mereka,meminjam.  Kami hanya ingin bukunya kembali, ujar petugas perpustakaan saat menerima buku itu.

” Dia baru saja datang dengan buku itu dan dia membukanya di halaman bagian belakang untuk memperlihatkan kepada saya bahwa buku itu sangat lama, ” ujar Walker kepada Mlive.com, yang dikutip laman UPI, Jumat ( 29/3/2019 ). Miturut aturan di perpustakaan 10 sen dollar AS per hari dan denda dinyatakan hangus per tujuh tahun.

” Kami tak tega menjatuhkan denda. Tak masalah betapa terlambatnya pengembalian buku itu, kami hanya ingin buku itu dikembalikan, ” demikian ciutan akau Twitter perpustakaan tersebut.

SAM.