Jangan pernah mencoba lolos dari jerat hukum di Swedia. Upaya itu bakal sia-sia. Inilah peringatan terbaru yang dikeluarkan aparat kepolisian Swedia setelah peristiwa penangkapan yang unik terhadap seorang buron, 29 Maret lalu.

Cerita penangkapan itu dikisahkan jubir Kepolisian Swedia, Carina Skagerlind, Selasa ( 2/4/2019 ), berlatar tempat di sebuah sauna di Rinkeby, kawasan pinggiran ibu kota Stockholm. Ceritanya, seorang polisi lepas dinas sedang menikmati sauna-tentu saja-dalam keadaan telanjang di Rinkeby. Ternyata, di dalam sauna itu ada seorang buron sedang menghindar dari hukuman penjara dalam kasus penyerangan berat.

Tidak ada jalan keluar bagi buronan dari jeratan hukum di Swedia. Sekalipun dia menyamar dan sedang duduk telanjang di sauna.

Polisi itu mengenali sang buron, begitu juga sang buron mengenali polisi tersebut. ” Polisi yang lagi telanjang itu dengan tenang meminta dia menyerahkan diri, ” kata Skagerlind. ” Penangkapannya tidak dramatis, dan pria buron itu tidak mencoba kabur. ”

Setelah peristiwa itu, melalui akun Facebook-nya, kepolisian Swedia memperingatkan para buron : ” Kami ada di mana-mana. Sekalipun kalian tidak melihat kami, kami selalu ada di dekat kalian. ”

AP / SAM.