Seekor kambing Anglo Nubian betina berusia tiga tahun bernama Lincoln bakal menjadi wali kota kehormatan hewan piaraan pertama di kota kecil Fair Haven, Negara Bagian Vermont, AS. Kota ini hanya berpenduduk sekitar 2.500 jiwa dan tidak mempunyai wali kota. Lincoln dipilih warga kota itu pada pekan lalu.

Ia akan menduduki jabatan tersebut selama satu tahun. Lincoln akan memulai tugasnya, Selasa mendatang. Ada 16 hewan kandidat dalam pemungutan suara yang terbuka bagi semua warga kota.

Kambing bernama Lincoln akan bertugas sebagai wali kota kehormatan Vermont untuk masa bakti satu tahun. Ia meraup 13 suara mengalahkan anjing bernama Sammie yang memperoleh 10 suara.

Sebagian besar kandidat adalah anjing dan kucing. Seekor gerbil, jenis hewan pengerat, juga menjadi kandidat. Lincoln meraup 13 suara, mengalahkan anjing bernama Sammie yang mendapat 10 suara.

Pada kandidat lain – jika digabung – mengantongi 30 suara. Saat menjabat wali kota kehormatan, Lincoln akan menghadiri acara-acara lokal, seperti parade Hari Pahlawan, memakai selempang yang dipesan secara khusus. Selamat, Lincoln….

AP / SAM.